Hosnaini, Duwi Robi (2025) Strategi Pemasaran Kerupuk Rambak Pada UMKM NR Nusantara di Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Abstract)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (234kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (247kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (213kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
NR Nusantara merupakan industri kerupuk rambak dengan kapasitas produksi mencapai satu kwintal kerupuk rambak mentah untuk satu kali produksi. Permasalahan pada usaha ini terletak pada penerapkan strategi pemasaran yang digunakan. NR Nusantara mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut, namun jangkauannya terbatas sehingga produk kerupuk rambak kurang dikenal luas, terutama di wilayah Bondowoso. Pentingnya promosi dalam persaingan dan penjualan, usaha ini perlu memperbaiki strategi pemasaran produknya untuk meningkatkan penjualan dan daya saing. Tujuan penelitian (1) Menganalisis faktor internal maupun eksternal pada strategi pemasaran kerupuk rambak NR Nusantara (2) Merumuskan alternatif strategi pemasaran kerupuk rambak NR Nusantara (3) Merumuskan prioritas mana yang baik untuk pemasaran kerupuk rambak NR Nusantara. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Alat analisis yang digunakan matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, SWOT, dan QSPM. Berdasarkan hasil matriks IFE yang mencapai 2,84 dan matriks EFE sebesar 2,74 dan posisi NR Nusantara terletak pada sel V. Menunjukkan bahwa UMKM NR Nusantara membutuhkan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk yaitu dengan meningkatkan pangsa pasar dengan melakukan promosi dengan tetap menjaga kualitas produk. Hasil analisis SWOT menghasilkan enam strategi alternatif yang dapat dipilih perusahaan, dan berdasarkan perhitungan QSPM dengan skor TAS 7,43 yaitu Mengoptimalkan dan meningkatkan efektivitas kegiatan promosi melalui pemanfaatan dinamika teknologi pemasaran digital sebagai platform promosi, guna memperluas cakupan pasar secara lebih luas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Strategi Pemasaran, SWOT, QSPM | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Duwi Robi Hosnaini | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2025 00:58 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2025 00:58 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/45683 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |