Analisis Usaha "KING'S" Puding Jagung Manis di Kelurahan Kedopok Kecamatan Kedopok Kabupaten Probolinggo

Sabilillah, Rajabi Jirjis (2025) Analisis Usaha "KING'S" Puding Jagung Manis di Kelurahan Kedopok Kecamatan Kedopok Kabupaten Probolinggo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (213kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (164kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (215kB)
[img] Text (Laporan Lengkap Fix)
Laporan Lengkap Fix.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Puding jagung manis adalah inovasi kuliner yang memanfaatkan jagung manis sebagai bahan utama, disajikan dengan topping fla instan. Produk ini merupakan upaya untuk mengolah bahan pangan alami menjadi makanan yang menarik dan berpotensi menguntungkan dalam bisnis. Tugas Akhir ini dilaksanakan di Kelurahan Kedopok, Probolinggo, dari 1 Agustus hingga 30 Desember 2024, dengan enam kali produksi yang masing-masing memakan waktu tiga jam dan melibatkan satu pekerja. Proses pembuatan “KING'S” Puding Jagung Manis meliputi beberapa langkah: menyiapkan peralatan dan bahan, mengupas dan mencuci, pemotongan, perebusan dan penghalusan, pencampuran adonan puding, pencetakan, pembuatan fla instan dan pemberian fla, serta pelabelan dan pengemasan. Pemasaran dilakukan secara langsung untuk mengevaluasi manfaat produk. Analisis usaha menggunakan metode Break Even Point (BEP), R/C Ratio, dan Return on Investment (ROI). Bauran pemasaran yang digunakan yaitu 4P diantaranya Product (produk), Price (harga), Place (tempat dan distribusi), dan Promotion (promosi), serta pemasaran menggunakan adversiting, sales promotion, publicity, personal selling, public relations. Bauran pemasaran yang digunakan yaitu 4P diantaranya Product (produk), Price (harga), Place (tempat dan distribusi), dan Promotion (promosi).Hasil analisis menunjukkan BEP unit sebanyak 45,99 dengan total produksi 80 cup dan BEP harga Rp. 2.012,- dari harga jual Rp. 3.500,- . R/C Ratio tercatat 1,74 dan ROI sebesar 1,30%, menandakan bahwa usaha ini layak untuk dilanjutkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWiyono, Luluk CahyoNIDN0027067907
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Pemasaran
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Rajabi Jirjis Sabilillah
Date Deposited: 15 Jul 2025 06:42
Last Modified: 15 Jul 2025 06:43
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/43896

Actions (login required)

View Item View Item