Trisnanto, Yugo Januar (2025) Strategi Pengembangan Wisata Edukasi Berbasis Teaching Factory di SMK Negeri 2 Bondowoso. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (141kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (261kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (226kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Skripsi Yugo.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Wisata edukasi merupakan salah satu bentuk pembelajaran non-formal yang menggabungkan unsur keterampilan dan pengalaman langsung. SMK Negeri 2 Bondowoso memanfaatkan potensi Teaching Factory (TEFA) dari empat program keahlian yaitu kuliner, desain dan produksi busana, perhotelan, serta tata kecantikan kulit dan rambut untuk mengembangkan program wisata edukasi berbasis kompetensi keahlian. Kegiatan wisata edukasi yang telah dilaksanakan meliputi cooking class, membatik, rias karakter, pembuatan bros, boneka jari, sewing class, dan suminagashi. Namun dalam pelaksanaannya, kegiatan-kegiatan tersebut masih menghadapi sejumlah tantangan, antara lain terbatasnya variasi program, kapasitas ruang praktik yang belum optimal, sistem reservasi yang belum efektif, serta strategi promosi yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan wisata edukasi melalui pendekatan analisis SWOT. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling untuk pihak sekolah, serta snowball sampling untuk siswa yang direkomendasikan karena aktif mendukung kegiatan wisata edukasi. Hasil penelitian menunjukkan lima strategi pengembangan utama, yaitu: (1) peningkatan kapasitas dan kualitas fasilitas, (2) diversifikasi program wisata edukasi, (3) penguatan strategi promosi, (4) peningkatan pengelolaan kegiatan dan layanan wisata, serta (5) penguatan kerja sama dan jejaring. Strategi-strategi tersebut diharapkan mampu mengoptimalkan potensi sekolah dalam mengembangkan wisata edukasi yang lebih profesional, menarik, dan relevan dengan kebutuhan pembelajaran keterampilan di era saat ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | wisata edukasi, teaching factory, strategi pengembangan, SWOT | ||||||
Subjects: | 710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 810 - Ilmu Pendidikan Kesenian > 815 - Pendidikan Keterampilan dan Kerajinan 710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 810 - Ilmu Pendidikan Kesenian > 816 - Pendidikan Seni Kerajinan 620 - Rumpun Ilmu Humaniora > 699 - Kepariwisataan |
||||||
Divisions: | Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D4 Destinasi Pariwisata > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Yugo Januar Trisnanto | ||||||
Date Deposited: | 11 Jul 2025 09:19 | ||||||
Last Modified: | 11 Jul 2025 09:20 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/43555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |