Analisis Usaha Kerupuk Tahu Pipih Rasa Balado Di Desa Bedadung Krajan Baru Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember

Aliefta, Rafli Aditya (2025) Analisis Usaha Kerupuk Tahu Pipih Rasa Balado Di Desa Bedadung Krajan Baru Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (491kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (397kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (593kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kerupuk tahu pipih rasa balado adalah produk olahan makanan yang berbahan dasar dari tahu dengan rasa balado. Pembuatan inovasi produk ini yaitu untuk meningkatkan minat masyarakat dan juga meningkatkan nilai jual dari tahu. Tujuan melakukan tugas akhir ini yaitu untuk melakukan proses produksi, kelayakan usaha serta melakukan bauran pemasaran yang efektif. Tugas akhir ini dilaksanakan selama 5 bulan terhitung dari 19 Juli 2024 sampai dengan 30 Desember 2024 di Desa Bedadung Krajan Baru Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. Kegiatan produksi dilakukan sebanyak 5 kali, dimana satu kali produksi membutuhkan 1 tenaga kerja dengan waktu 3 jam kerja. Pada satu kali proses produksi menghasilkan 20 kemasan kerupuk tahu pipih rasa balado. Kerupuk tahu pipih rasa balado dipasarkan secara langsung dengan harga jual sebesar Rp 9.000,- /kemasan dengan berat berat bersih 50 gram per kemasan. Promosi produk dilakukan secara online dengan memanfaatkan media sosial seperti WhatsApp, Facebook dan Instagram. Sedangkan secara offline dengan melakukan promosi secara personal selling atau promosi secara tatap muka. Adapun saluran distribusi yang digunakan pada usaha kerupuk tahu pipih rasa balado yaitu menggunakan saluran distribusi langsung. Metode analisis usaha yang digunakan yaitu Break Even Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Ratio), dan Return On Invesment(ROI). Hasil dari tugas akhir ini didapatkan nilai BEP (Produksi) sebanyak 15,69 kemasan, BEP (Harga) sebesar Rp 7.061,96,-/kemasan, R/C Ratio sebesar 1,27 dan ROI sebesar 4,58%. Sesuai dengan kriteria kelayakan metode tersebut (BEP, R/C Ratio, dan ROI), maka usaha kerupuk tahu pipih rasa balado menguntungkan dan layak diusahakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSundari, SriNIDN0014096402
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Analisis Usaha, Kerupuk Tahu Pipih
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Rafli Aditya Aliefta
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:49
Last Modified: 09 Jul 2025 03:50
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/43205

Actions (login required)

View Item View Item