Analisis Sentimen Pengguna Dompet Digital Dengan Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier Pada Media Sosial X (Studi Kasus: Dana, Gopay, Dan ShopeePay)

Devayu, Willian Anggi (2025) Analisis Sentimen Pengguna Dompet Digital Dengan Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier Pada Media Sosial X (Studi Kasus: Dana, Gopay, Dan ShopeePay). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (222kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (245kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (204kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam analisis sentimen terhadap pengguna dompet digital seperti Dana. Gopay, dan ShopeePay pada media sosial X (Twitter), menggunakan metode Multinomial Naïve Bayes Classifier. Data dikumpulkan melalui teknik scraping dari akun resmi ketiga layanan dompet digital dengan rentang waktu antara tahum 2024 hingga 2025. Data tersebut akan melalui tahap pre-processing, kemudian dilanjutkan dengan pembobotan kata menggunakan TF-IDF. Metode Multinomial Naïve Bayes Classifier digunakan karena kesederhanaannya dan efektivitas dalam menangani data teks. Hasil analisis Dana menunjukkan sentimen positif sebesar 64.04%, negatif sebesar 20.35%, dan netral sebesar 15.61%. Gopay menunjukkan sentimen positif sebesar 7.44%, negatif sebesar 42.42%, dan netral sebesar 50.15%. ShopeePay menunjukkan sentimen positif sebesar 23.01%, negatif sebesar 39.69%, dan netral sebesar 37.30%. Dari hasil tersebut, menunjukkan bahwa masing-masing layanan memiliki kecenderungan sentimen tertentu yang dapat menjadi indikator kepuasan dan keluhan pengguna. Hasil analisis disajikan dalam bentuk visualisasi seperti diagram batang, diagram lingkaran, dan word cloud untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dan mudah di pahami mengenai opini publik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRiskiawan, Hendra YufitNIDN0003028302
Uncontrolled Keywords: analisis sentimen,visualisasi,dashboard,python
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Willian Anggi Devayu
Date Deposited: 03 Jul 2025 03:19
Last Modified: 03 Jul 2025 03:20
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/42913

Actions (login required)

View Item View Item