Rancang Bangun Game Edukasi Bahasa Jawa Berbasis Android untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama

A'yun, Niswah Trias Qurotul (2025) Rancang Bangun Game Edukasi Bahasa Jawa Berbasis Android untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (320kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (412kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (292kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi memberikan dampak yang besar bagi dunia pendidikan dan kebudayaan, termasuk pembelajaran Bahasa Jawa. Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa daerah yang memiliki nilai budaya luhur mulai tergeser oleh pengaruh globalisasi dan modernisasi. Generasi muda lebih akrab menggunakan kecanggihan teknologi seperti smartphone dalam kesehariannya, yang berakibat pada berkurangnya minat untuk mempelajari bahasa dan budaya lokal. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa, salah satunya dengan pendekatan berbasis teknologi seperti game edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah game edukasi berbasis Android yang dapat meningkatkan minat siswa SMP dalam mempelajari Bahasa Jawa. Game ini diharapkan dapat membantu siswa dalam mempelajari aspek-aspek penting seperti Bahasa Krama, Aksara Jawa, dan Tembang dengan cara yang lebih interaktif dan menarik. Dengan adanya game edukasi ini, diharapkan generasi muda tetap dapat melestarikan budaya Jawa di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Game edukasi Bahasa Jawa bernama SIBAWA ini menerapkan Android 2D platform dan didukung fitur-fitur yang ramah serta mendukung proses pembelajaran untuk siswa-siswi SMP kelas 8 tentang Bahasa Jawa. Hasil dari UAT penelitian ini membuktikan bahwa dengan rata-rata sebesar 86,4% dan peningkatan dari perbandingan nilai pre-test dan post-test dalam aplikasi game edukasi sehingga dapat diterapkan kepada siswa-siswi SMP kelas 8. Hal ini membuktikan bahwa perancangan game edukasi Bahasa Jawa berbasis android dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSetyohadi, Dwi Putro SarwoNIDN0017058003
Uncontrolled Keywords: Rancang, Bangun, Rancang bangun, Game, Edukasi, Game edukasi, Bahasa, Bahasa Jawa, Unity, GDLC, Android
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 459 - Ilmu Komputer
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Niswah Trias Qurotul A'yun
Date Deposited: 03 Jul 2025 03:17
Last Modified: 03 Jul 2025 03:17
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/42909

Actions (login required)

View Item View Item