Analisis Usaha Gohyong Pedas "Goberdas" di Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember

Safira, Donna Yulia (2025) Analisis Usaha Gohyong Pedas "Goberdas" di Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan/Abstract)
Donna Yulia Safira_Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (220kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
TA Donna Yulia Safira_BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (12kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
TA Donna Yulia Safira_Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (322kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
TA Donna Yulia Safira.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan tugas akhir ini bertujuan untuk melakukan proses produksi, menghitung analisis kelayakan usaha, dan melakukan pemasaran Gohyong pedas “Goberdas” di Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Pelaksanaan Tugas Akhir dilakukan selama 5 bulan dimulai pada 17 Agustus 2024 sampai dengan 25 Desember 2024 dengan menggunakan metode primer dan sekunder dalam mencari dan mengolah data. Terbagi menjadi tiga metode analisis usaha untuk menghitung analisis kelayakan usaha diantaranya metode analisis BEP (Break Even Point), R/C Ratio (Revenue Cost Ratio), dan ROI (Return On Investment). Produksi dilaksanakan sebanyak 5 kali dengan waktu produksi selama 3 jam kerja dengan menggunakan 1 orang tenaga kerja. Setiap 1 kali proses produksi menghasilkan sebanyak 30 kemasan. Proses produksi dimulai dengan tahapan persiapan alat dan bahan hingga pengemasan Gohyong. Gohyong ini disajikan menggunakan kemasan paper bowl. Adapun hasil perhitungan analisis usaha dalam 1 kali proses produksi menunjukan bahwa nilai BEP produksi sebanyak 18,451 kemasan dengan jumlah produksi sebanyak 30 kemasan, nilai BEP harga sebesar Rp. 7.381 / kemasan dengan harga jual Rp. 12.000,- / kemasan, nilai R/C Ratio sebesar 1,625 dan nilai ROI sebesar 15%. sehingga usaha ini menguntungkan dan layak untuk dilanjutkan. Bauran pemasaran menggunakan 4P (product, price, promotion, place). Promosi yang digunakan yaitu secara langsung dan melalui media sosial seperti Whatsapp dan Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMahanani, Retno SariNIDN0007057003
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Gohyong Pedas, Pemasaran
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Donna Yulia Safira
Date Deposited: 02 Jun 2025 03:22
Last Modified: 02 Jun 2025 03:22
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/41471

Actions (login required)

View Item View Item