Lexmana, Hendra (2025) Analisis Kepuasan Pengguna Akhir Terhadap SIMRS Menggunakan Metode EUCS di Instalasi Rekam Medis Bagian Rawat Inap RSUP Dokter Kariadi Semarang. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (269kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (895kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (236kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
RSUP Dr. Kariadi Semarang telah mengimplementasikan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) sejak 2005 untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan kesehatan. Namun, masih ditemukan beberapa permasalahan dalam penggunaannya, antara lain sering terjadi error atau gagal grouping, tidak tersedianya informasi selisih iur biaya naik kelas, belum adanya Sertifikat Medis Penyebab Kematian, tampilan yang mirip antara grouping simulasi dan final, serta pencampuran data kode ICD 2010 dengan INA-Grouper. Penelitian ini bertujuan menganalisis kepuasan pengguna akhir SIMRS menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif dengan 37 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis berdasarkan lima aspek EUCS. Pengguna dikatakan puas apabila kenyataan ≥ harapan. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden memiliki harapan tinggi terhadap SIMRS, dengan kategori “sangat sesuai” terbanyak pada aspek content (56,76%) dan accuracy (54,05%). Kenyataan yang diterima juga cukup baik, di mana aspek ease of use dan timeliness dinilai “sesuai” oleh 86,49% responden. Tingkat kepuasan tertinggi terdapat pada aspek ease of use (59,46%) dan format (56,76%), sedangkan aspek content dan timeliness menunjukkan tingkat ketidakpuasan lebih tinggi, masing-masing sebesar 51,35%. Disarankan agar rumah sakit menambahkan fitur selisih biaya otomatis, integrasi SMPK, penerapan standar kodefikasi ICD nasional, pembaruan tampilan yang lebih intuitif, serta penyediaan menu bantuan guna meningkatkan kepuasan pengguna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | SIMRS, EUCS, Kepuasan Pengguna. | ||||||
Subjects: | 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan | ||||||
Divisions: | Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Hendra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 02 May 2025 03:38 | ||||||
Last Modified: | 02 May 2025 03:38 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/40893 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |