Pengaruh Variasi Sudut Kemiringan Primary Pulley Pada Continuously Variable Tranmission Terhadap Akselerasi Dan Area Kontak Mesin Fi 4 Langkah 125 Cc

Wijayanto, Mochammad Nanda (2025) Pengaruh Variasi Sudut Kemiringan Primary Pulley Pada Continuously Variable Tranmission Terhadap Akselerasi Dan Area Kontak Mesin Fi 4 Langkah 125 Cc. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (344kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (332kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (292kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh variasi sudut kemiringan primary pulley pada continuously variable tranmission terhadap akselerasi dan area kontak mesin fi 4 langkah 125 cc. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan pengujian tiga variasi dan satu standar meliputi pulley 13,5o, pulley 13,8o, pulley 14o, dan pulley 15o dengan jarak 50 meter. Pengujian akselerasi dan area kontak dilakukan untuk mengetahui hasil terbaik dari beberapa pulley yang telah dibubut dibandingkan dengan pulley standar. Diketahui bahwa akselerasi motor menggunakan primary pulley 13,5 o adalah 4,66 m/s2, akselerasi dengan primary pulley 13,8o yaitu 4,32 m/s2, akselerasi dengan primary pulley 14o yaitu 3,72 m/s2, dan akselerasi dengan primary pulley standar 15o yaitu 3,61 m/s2. Akselerasi tertinggi pada beberapa variasi primary pulley terdapat pada 13,5 o yaitu 4,66m/s2. Sedangkan dari pengujian area kontak primary pulley 13,5 o adalah 40,69 cm2, primary pulley 13,8o yaitu 39,84 cm2, primary pulley 14o yaitu 38,15 cm2, dan primary pulley 15o yaitu 36,45 cm2. Area kontak terbesar dimiliki oleh pulley 13,5o yaitu 40,69 cm2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNugroho, Wendy TriadjiNIDN0026017502
Uncontrolled Keywords: Primary pulley, acceleration, contact area, continuously variable transmission, incline angle
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 435 - Teknik Industri
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > Tugas Akhir
Depositing User: Mochammad Nanda Wijayanto
Date Deposited: 30 Apr 2025 02:40
Last Modified: 30 Apr 2025 02:40
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/40864

Actions (login required)

View Item View Item