Billa, Aina Salsa (2025) Analisis Usaha Keripik Basreng (Bakso Goreng) Ikan Bandeng Di Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Abstract)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (11kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (59kB) |
![]() |
Text (Daftar Putaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (85kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Aina Salsa Billa.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Keripik basreng ikan bandeng merupakan produk diversifikasi makanan ringan dengan pemanfaatan potensi ikan bandeng yang melimpah di daerah Sidoarjo. Tugas akhir ini dilaksanakan selama 4 bulan dari bulan Agustus 2024 sampai dengan November 2024. Tujuan analisis proyek usaha mandiri keripik basreng ikan bandeng adalah dapat melakukan proses produksi, mengetahui kelayakan usaha, serta dapat melakukan pemasaran produk basreng ikan bandeng. Produksi keripik basreng ikan bandeng dilakukan 5 kali produksi dengan menggunakan 1 tenaga kerja selama 3 jam kerja yang menghasilkan 10 pcs/150 gram (kemasan besar) dengan harga jual Rp. 12.000 atau 36 pcs/25 gram (kemasan kecil) dengan harga jual Rp.3.500. Metode pengumpulan data yang dilakukan secara langsung yaitu data primer dan secara tidak langsung ialah data sekunder. Analisis yang digunakan adalah BEP, R/C Ratio, dan ROI. Berdasarkan hasil analisis usaha yang diperoleh 2 macam perhitungan hasil pada kemasan besar netto 150 gram BEP (Harga) Rp. 10.462 dengan harga jual Rp.12.000, BEP (Produksi) 9 pcs dengan produksi yang dihasilkan 10 pcs. R/C Ratio 1,15 dan ROI sebesar 2,46% dan hasil perhitungan kemasan kecil netto 25 gram BEP (Harga) Rp 2.606 dengan harga jual Rp. 3.500, BEP (Produksi) 27 pcs dengan produksi yang dihasilkan 36 pcs, R/C Ratio 1.34, dan ROI sebesar 5,24%. Tugas akhir ini menerapkan bauran pemasaran 4P yaitu product, place, price, and promotion. Saluran distribusi yang digunakan yaitu secara langsung. Berdasarkan ketiga analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa usaha ini layak dan dapat diusahakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Usaha, Basreng Ikan Bandeng, Bauran Pemasaran 4P | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri |
||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis (PSDKU Nganjuk) > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Aina Salsa Billa | ||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2025 02:06 | ||||||
Last Modified: | 30 Jan 2025 02:07 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/39332 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |