Analisis Usaha Mie Pakcoy "Coy's Mie" di Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi

Pramesti, Dwi Lutri (2025) Analisis Usaha Mie Pakcoy "Coy's Mie" di Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan Laporan TA_DWI LUTRI PRAMESTI_D31222583_MNA22.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (124kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan Laporan TA_DWI LUTRI PRAMESTI_D31222583_MNA22.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (95kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Laporan TA_DWI LUTRI PRAMESTI_D31222583_MNA22.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (82kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN TA_SIPORA DWI LUTRI PRAMESTI_D31222583_MNA22.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Usaha Mie Pakcoy ini memiliki branding product yaitu “Coy’s Mie” yang merupakan salah satu produk baru olahan mie yang bahan bakunya terdapat campuran dari sayur pakcoy yang dihaluskan sebagai pewarna alami dan merupakan produk pangan siap saji. Tugas akhir ini memiliki tujuan untuk melaksanakan proses produksi Mie Pakcoy “Coy’s Mie”, melakukan analisis kelayakan usaha, serta pemasaran produk kepada konsumen. Kegiatan tugas akhir ini dikerjakan dalam waktu 5 bulan, diawali dari 1 Agustus hingga 31 Desember 2024. Proses produksi dilakukan secara metode praktik langsung, melibatkan persiapan alat bahan, penghalusan pakcoy, penggilingan mie pakcoy, penimbangan mie mentah, pembuatan ayam tabur, penggorengan kerupuk pangsit, pembuatan minyak bawang, perebusan cabai rawit dan sayur pakcoy, perebusan mie, penyajian mie pakcoy, hingga pengemasan dan pelabelan. Metode analisis yang dipakai yaitu BEP, R/C Ratio, ROI, dan PI. Berdasarkan analisis usaha yang sudah dilakukan memperoleh hasil BEP (Produksi) sebesar 32,5398 kemasan dengan jumlah produksi 38 kemasan, BEP (Harga) sebesar Rp. 8.563,10/kemasan dengan harga jual produk sebesar Rp.10.000/kemasan, R/C Ratio sebesar 1,16, ROI sebesar 0,37%, dan PI sebesar 1,30. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, usaha Mie Pakcoy “Coy’s Mie” menghasilkan dan layak untuk diusahakan. Strategi pemasaran yang digunakan yaitu bauran pemasaran STP (Segmentation dari segi demografis dan geografis, Targetting yang dituju adalah semua kalangan akan tetapi dari usia orang dewasa menjadi target utama, Positioning usaha ini tidak memiliki pesaing yang berat) dan 4P (Product yang ditawarkan yaitu Mie pakcoy “Coy’s Mie”, Price yang ditetapkan Rp.10.000/kemasan, Place menggunakan saluran pemasaran secara langsung, Promotion menggunakan penjualan secara langsung melalui media sosial).

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWiyono, Luluk CahyoNIDN0027067907
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Mie Pakcoy, Pemasaran
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 162 - Teknologi Hasil Pertanian
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Dwi Lutri Pramesti
Date Deposited: 22 Jan 2025 03:25
Last Modified: 22 Jan 2025 03:26
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/39150

Actions (login required)

View Item View Item