PRESTASI MOTOR DIESEL DENGAN OPTIMALISASI SISTEM INTAKE MANIFOLD PAK SYS (PERFORMANCE AIR INTAKE SYSTEM) TURBO FAN AXIAL

Udin, Ahmad Robiul Awal and Adityo, Adityo (2017) PRESTASI MOTOR DIESEL DENGAN OPTIMALISASI SISTEM INTAKE MANIFOLD PAK SYS (PERFORMANCE AIR INTAKE SYSTEM) TURBO FAN AXIAL. ROTOR: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 10 (2). pp. 32-35. ISSN 2460-0385

[img] Text (Hasil cek Similarity)
PRESTASI MOTOR DIESEL DENGAN OPTIMALISASI SISTEM INTAKE MANIFOLD PAK SYS (PERFORMANCE AIR INTAKE SYSTEM) TURBO FAN AXIAL.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)
Official URL: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/RTR/article/vi...

Abstract

Perkembangan teknologi kendaraan bermotor mendasari urgensi pada peningkatan efisiensi mesin terhadap kebutuhan bahan bakar yang akan digunakan pada proses pembakaran untuk menghasilkan parameter output. Salah satu unsur agar proses pembakaran efektif terhadap komposisi campuran bahan bakar yaitu kuantitas dan kapasitas udara yang akan dipasok kedalam tiap silinder. Kebutuhan udara pada saat langkah hisap juga dipengaruhi desain sistem intake manifold yang merupakan minor losses aliran. Penambahan Fan Axial didalam sistem intake manifold motor diesel diharapkan dapat memenuhi kapasitas pasokan udara serta meminimalisasi minor losses, sehingga prestasi mesin yaitu efisiensi volumetrik, torsi dan daya mesin mengalami peningkatan. Metode Performance Air Intake System ini memaksa udara masuk melalui sudu – sudu Fan Axial Double Blade. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu yaitu membandingkan intake manifold dengan maupun tanpa pemasangan fan axial (standar) terhadap torsi dan daya yang dihasilkan dari motor diesel empat (4) langkah. Dari pengujian didapatkan peningkatan torsi rata – rata sebesar 22 %, dengan nilai torsi tertinggi pada awal putaran mesin 1150 rpm sebesar 41,8 Nm, sedangkan peningkatan daya rata – rata sebesar 13 % dengan nilai daya mencapai 8 KW pada putaran mesin 2200 rpm. Sedangkan efisiensi volumetrik mengalami peningkatan rata – rata 6 % dengan prosentase signifikan pada putaran mesin 2200 rpm yang mencapai 98,8 %.

Item Type: Article
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Arsip Khusus
Depositing User: ST, MT Ahmad Robiul Awal Udin
Date Deposited: 21 Aug 2021 11:46
Last Modified: 25 Oct 2021 12:21
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/3847

Actions (login required)

View Item View Item