Prayitno, Agus Hadi (2023) Business Model Canvas(BMC) Berbasis Online: Sebuah Studi pada Usaha Rintisan Sambal Perawan. JURNAL TRITON, 14 (2). pp. 295-305. ISSN 2085-3823
Text (Hasil Similarity)
Business Model Canvas (BMC) Berbasis Online_ Sebuah Studi pada Usaha Rintisan Sambal Perawan (Agus Hadi Prayitno).pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Sambal Perawan sebagai usaha rintisan dapat merancang bisnisnya untuk unggul dalam bersaing dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC). Penelitian ini bertujuan untuk merancang business model Sambal Perawan melalui pendekatan BMC. Sambal Perawan merupakan sebuah usaha rintisan berbasis riset yang bergerak di bidang makanan siap saji. Studi dilakukan di setiap bagian BMC yaitu segmentasi pelanggan, proporsi nilai, saluran distribusi, hubungan dengan konsumen, sumber pendapatan, aktivitas kunci, sumber daya utama, mitra kunci, dan struktur biaya Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian diperoleh gambaran business model Sambal Perawan yaitu customer segments terdiri dari ibu rumah tangga, pekerja, dan mahasiswa dengan menawarkan value propositions yaitu fungsi produk dengan kandungan zat aktif capsaicin dari cabai sehingga pedasnya sambal dapat membuat nafsu makan bertambah. Channels yang digunakan Sambal Perawan untuk menyampaikan value propositions yang ditawarkan melalui penjualan langsung dan online dengan menggunakan customer relationships melalui WhatsApp, Facebook, dan Instagram. Aktivitas kunci yang dilakukan meliputi kegiatan proses produksi, penjualan dan pemasaran, serta pengembangan produk dengan sumber daya utama merek dagang terdaftar, paten sederhana, dan juga formulasi sambal. Kegiatan dan kebutuhan sumber daya agar dapat berjalan untuk menghasilkan proporsi nilai yang diharapkan, Sambal Perawan memiliki akitviitas kunci yaitu penyedia bahan baku. Sambal Perawan dapat menghasilkan sumber pendapatan dari kegiatan penjualan produk secara langsung dan online dengan struktur biaya yang terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 214 - Teknologi Hasil Ternak |
Divisions: | Jurusan Peternakan > Prodi D4 Manajemen Bisnis Unggas > Publikasi |
Depositing User: | Agus Hadi Prayitno |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 11:38 |
Last Modified: | 09 Nov 2024 11:38 |
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/37418 |
Actions (login required)
View Item |