Analisis Service Berkala Sistem Rem Toyota Avanza Unit Di Auto2000

Suwito, Tantowi (2023) Analisis Service Berkala Sistem Rem Toyota Avanza Unit Di Auto2000. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (14kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (152kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Magang adalah kegiatan wajib mahasiswa sebagai syarat kelulusan dan juga sebagai pengalaman, tempat belajar seperti apa dunia industri atau perusahaan selama ini, sehingga diharapkan dapat menjadi tolak ukur untuk melakukan pengembangan keterampilan dan keahlian pada diri mahasiswa. Kegiatan magang ini dilaksanakan di PT. ASTRA International Tbk - Toyota Jember Branch selama 4 bulan, mulai dari bulan 1 Agustus sampai dengan bulan 1 Desember 2023. Tujuan diadakannya magang ini untuk mempelajari dan mempraktikkan bagaimana cara melakukan perawatan pada kendaraan mobil. Pada Toyota Jember Branch, terdapat beberapa kategori perawatan yang dimana dilakukan pada mobil setiap 6 bulan sekali atau jumlah kilometer yang telah ditentukan oleh pabrikan. Kemudian bagain pembagi tugas mekanik (PTM) memberikan kertas perintah kerja bengkel (PKB) kepada mekanik untuk dilakukannya perawatan dan apa saja yang dikerjakan oleh mekanik terhadap servis perawatan mobil. Berikut bagian stall yang dilakukan perawatan berdasarkan pekerjaan yang dilakukan yaitu Express Maintenance (EM), Servis Berkala Internal (SBI), Servis Berkala External (SBE), General Repair (GR). Perawatan sangat diperlukan terhadap sebuah mobil agar kondisi mobil tetap dalam kondisi prima, perawatan pada mobil sangat beragam ketika mobil dalam kondisi baru terdapat perawatan pertama 6 bulan setelah pembelian atau mobil telah menempuh jarak 1000km, dilihat dari poin mana dulu yang di capai maka perlu dilakukan service, lalu pada rentang service selanjutnya ada 2 kategori servis 5000km atau servis 10000km bergantung dari setiap customer, pada service perawatan tersebut dilakukan penggantian oli dan filter oli, juga dilakukan beberapa pengecekan seperti kondisi kesehatan aki, volume air radiator, volume air wiper, volume air aki apabila mobil masi menggunakan aki tipe basah, kemudian dilakukan pengecekan kocak - kocak pada kaki - kaki dan ketebalan kampas rem. Rem cakram membutuhkan perawatan berkala sehingga fungsinya dapat optimal. Karena posisinya terbuka, maka debu dan kotoran dengan mudah menempel pada rem cakram. Perawatan berkala dilakukan dengan menyemprotkan pembersih cakram (disc cleaner). Permukaan piringan cakram dan kampas rem bisa saja menjadi tidak rata, karena kuatnya gesekan yang terjadi, maka permukaan piringan cakram dan kampas rem menjadi tipis, karena permukaan kanvas rem yang sudah tipis tersebut maka dapat terjadi bunyi berdecit ketika dilakukan pengereman, dan apabila hal itu terjadi, sebaiknya segera ganti kanvas rem.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPratama, Aditya WahyuNIDN0014067811
Uncontrolled Keywords: Servis,Rem Toyota Avanza
Subjects: 100 - Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) > 110 - Ilmu IPA > 111 - Fisika
100 - Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) > 120 - Matematika > 121 - Matematika
500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 530 - Ilmu Bahasa Asing > 531 - Sastra (dan Bahasa) Inggris
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Tantowi Suwito
Date Deposited: 14 Oct 2024 01:43
Last Modified: 14 Oct 2024 01:46
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/37246

Actions (login required)

View Item View Item