Pengujian Alat Monitoring dan Kontrol Otomatis Suhu dan Kelembaban Lingkungan Hidroponik Indoor Pada Persemaian Selada Berbasis Blynk IoT

Tobing, Wulan Dwiyana (2024) Pengujian Alat Monitoring dan Kontrol Otomatis Suhu dan Kelembaban Lingkungan Hidroponik Indoor Pada Persemaian Selada Berbasis Blynk IoT. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (240kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (371kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (272kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penyemaian adalah tahap penting dalam pertumbuhan tanaman hidroponik, dimulai dari pecahnya benih menjadi kecambah. Faktor yang mempengaruhi penyemaian meliputi suhu, kelembaban, kadar air tanaman, dan intensitas cahaya. Pada umumnya, penyemaian dilakukan diluar ruangan atau didalam greenhouse dengan memanfaatkan sinar matahari. Namun, pada musim hujan, kurangnya intensitas cahaya matahari dapat menggangu pertumbuhan. Salah satu cara mengefisienkan proses penyemaian yaitu dikembangkan alat penyemaian indoor yang menggunakan LED grow light, suhu dan kelembaban yang dapat dimonitor, serta sistem penyiraman, pendinginan dan penyinaran yang dikendalikan jarak jauh menggunkan IoT dengan menggunakan mikrokontroller Esp32, yang dapat dikendalikan melalui aplikasi Blynk. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pertumbuhan tanaman persemaian yang dilakukan secara indoor dan outdoor, mengetahui kinerja pada alat monitoring dan kontrol suhu dan kelembaban hidroponik indoor farming berbasis blynk IoT pada tanaman selada, dan untuk mengetahui efisiensi pada alat monitoring dan kontrol suhu dan kelembaban lingkungan persemaian hidroponik indoor farming berbasis blynk IoT. Metode pengujian yang digunakan dalam pengujian alat monitoring dan kontrol suhu dan kelembaban persemaian hidroponik indoor adalah pengamatan dan pengukuran secara langsung. Berdasarkan hasil dari pengujian alat ini menunjukkan pertumbuhan persemaian pada tanaman selada secara sistem monitoring menunjukkan rata-rata ketinggian tanaman sebesar 1,04 cm, lebar daun sebesar 1,3 cm dan jumlah helai daun sebesar 3,44 buah lebih unggul di bandingkan dengan persemaian secara outdoor. Hasil dari pengujian otomatisasi sesuai dengan program yang telah dibuat dan berjalan dengan cukup baik, dengan ketetapan pada nilai suhu diangka lebih sama dengan 30ºC kipas akan otomatis hidup sedangkan pada suhu 26ºC kipas akan otomatis mati, pada nilai kelembaban diangka dibawah sana dengan 65% sprayer akan otomatis hidup sedangkan pada kelembaban diatas sama dengan 75% sprayer akan otomatis mati, dan ketetapan timer jam 06.00 kondisi lampu LED grow light akan otomatis hidup untuk melakukan penyinaran selama 14 jam hingga jam 20.00 kondisi lampu akan mati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNovita Sari, Elok KuniaNIDN008118604
Uncontrolled Keywords: Alat monitoring, alat kontrol, persemaian, hidroponik indoor, tanaman selada
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Wulan Dwiyana Tobing
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:22
Last Modified: 26 Jul 2024 03:23
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35201

Actions (login required)

View Item View Item