Teknik Aplikassi Fungisida Berbahan Aktif Klorotalonil Untuk Pengendalian Penyakit Busuk Daun Pada Tanaman Kentang Di CV Petani Sayur Dataran Tinggi Yusuf Joko Lesmono

Adianur Janna, Khusnul (2024) Teknik Aplikassi Fungisida Berbahan Aktif Klorotalonil Untuk Pengendalian Penyakit Busuk Daun Pada Tanaman Kentang Di CV Petani Sayur Dataran Tinggi Yusuf Joko Lesmono. [Experiment] (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (80kB)
[img] Text (Dafta Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (67kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan pkl ini yaitu pengendalian hama dan penyeakit. Pada tahapan budidaya pemeliharana tanaman kentang pengendalian hama penyakit merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, tujuannya untuk mengurangi populasi hama serta vector pembawa virus dan penyakit pada tanaman kentang yang dapat meningkatkan resiko terjadinya kegagalan panen. Salah satunya penyakit busuk daun, penyakit ini disebabkan oleh kelembapan udara yang berlebihan dam jamur Phytophtora infentans sehingga penyebabkan tanaman kentang terserang penyakit busuk daun. Hal ini dapat di cegah dengan menggunakan fungisida berbahan aktif klorotalonil. Dengan mengikuti serangkain kegiatan di CV Petani Sayur Dataran Tinggi Yusuf Joko Lesmono di harapkan mampu menambah kemampuan dan pengetahuan mahasiswa dibidang perlindungan tanaman yang terdiri dari proses pengaplikasian fungisida, insektisida dengan pemberian dosis yang tepat terhadap pengendalian hama dan penyakit. Salah satu pestisida yang digunakan yaitu fungisida dengan berbahan aktif klorotalonil bahan aktif ini digunakan untuk penyakit busuk daun pada tanaman kentang. Fungisida ini terbukti mampu mengendalikan penyakit busuk daun pada kentang. fungisida dengan bahan aktif klorotalonil ini merupakan fungisida nonsistemik yang bekerja dengan mempengaruhi enzim dan mengganggu proses metabolisme.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSoelaksini, Rr. Liliek DwiNIDN0001036102
Uncontrolled Keywords: Fungisida, Tanaman Kentang, Pengendalian Penyakit Busuk Daun
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Khusnul Adianur Janna
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:17
Last Modified: 26 Jul 2024 07:17
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35197

Actions (login required)

View Item View Item