Manajemen Pemasaran Apel Anna pada PT. Baroca Farmer KWB Kota Batu Malang

Firmansyah, Mohammad Fitra (2024) Manajemen Pemasaran Apel Anna pada PT. Baroca Farmer KWB Kota Batu Malang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (219kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (203kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31212370_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (190kB)

Abstract

PT Baroca Farmer merupakan sebuah perusahaan yang bergerak pada sector pertanian di daerah Batu, Malang khususnya pada komoditas buah apel. Perusahaan ini memiliki 10 Ha lahan tanaman apel. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1965 yang terletak di kaki gunung arjuno. PT Baroca Farmer memiliki 4 jenis tanaman apel yaitu apel manalagi, apel Anna, apel granny smith dan apel rome beauty. Pelaksanaan kegiatan magang ini berlangsung selama 4 bulan dengan jam kerja 9 jam/hari. Kegiatan magang dilaksanakan di PT Baroca Farmer KWB yang beralamat di Jl Raya Gondang 5, RT 01/ RW 02, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia. Rangkaian kegiatan selama pelaksanaan magang meliputi pengenalan lokasi magang, mempelajari jenis-jenis apel, memperbaiki sarana dan prasarana, kegiatan sortir apel, kegiatan packing apel, wisata petik apel, pengompresan, pemanenan dan perontokan. Tujuan dari kegiatan magang yaitu mampu melakukan budidaya tanaman apel, mengetahui proses produksi keripik apel, mampu melakukan manajemen wisata petik apel dan mampu melakukan pemasaran buah apel. Buah apel Anna merupakan buah apel yang memiliki ciri khas berwarna merah cerah dengan warna daging buahnya putih kekuningan, jika baru saja dipetik, apel Anna memiliki rasa lebih asam daripada apel khas malang lainnya. Namun, setelah 3-4 hari, rasanya menjadi lebih manis dengan aroma apel yang tajam. Daging buahnya terasa masir, namun tidak seperti apel impor dengan kandungan air yang cukup banyak. Masa panen buah apel Anna yaitu 4-5 bulan sekali. Buah ini termasuk buah yang paling banyak terjual dalam pemasaran setelah buah apel manalagi. Pemasaran buah apel Anna tidak hanya dipasarkan antar kota melainkan ke luar kota bahkan hingga ke luar pulau. Pemasaran buah apel Anna dilakukan secara langsung kepada beberapa pihak yaitu secara langsung kepada rumah produksi keripik apel, cuka apel, tonic apel, secara langsung kepada tengkulak, secara langsung kepada konsumen dan secara langsung kepada peternak.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHudori, Huda AhmadNIDN0015059008
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pemasaran Apel Anna pada PT. Baroca Farmer KWB Kota Batu Malang
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Mohammad Fitra Firmansyah
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:34
Last Modified: 19 Jul 2024 07:35
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34601

Actions (login required)

View Item View Item