Manajemen Pembibitan Tanaman Kopi Robusta Di Perumda Perkebunan Kahyangan Gunung Pasang Kabupaten Jember

Yudanti, Aprilia (2024) Manajemen Pembibitan Tanaman Kopi Robusta Di Perumda Perkebunan Kahyangan Gunung Pasang Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (201kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (212kB)
[img] Text (Full Text)
D31211694_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (200kB)

Abstract

Kabupaten Jember merupakan salah satu Kabupaten yang berperan sebagai produsen kopi terbesar di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Jember sendiri mempunyai Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Perkebunan Kahyangan Gunung Pasang yang memproduksi komoditas kopi dan dijadikan sebagai komoditas utama. Jenis kopi yang banyak ditanam yaitu kopi robusta dengan luas areal tanam 760 Ha dengan produktivitas 300 ton biji kopi/tahun. Perumda Perkebunan Kahyangan Gunung Pasang Jember memiliki 3 kebun induk dan 2 kebun bagian, perkebunan induk meliputi: Perkebunan Induk Gunung Pasang, Perkebunan Induk Sumber Pandan, dan Perkebunan Induk Sumber Wadung, sedangkan kebun bagian meliputi: Kebun Bagian Kalimrawan dan Kebun Bagian Sumber Tenggulun. Kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memiliki banyak peminat, oleh karena itu komoditas ini banyak di budidayakan. Persaingan pasar yang cukup ketat serta banyaknya pesaing, membuat Perumda Perkebunan Kahyangan Gunung Pasang Jember dituntut untuk memperbaiki kuantitas dan kualitas kopi. Hal ini bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan dan memperluas pasar. Budidaya kopi robusta di Perumda Perkebunan Kahyangan Gunung Pasang Kabupaten Jember terdapat kegiatan dari hulu ke hilir. Kegiatan hulu merupakan salah satu peran penting yang menentukan kualitas dan kuantitas kopi seperti, pembibitan, penanaman, pemeliharaan, dan pemupukan. Sedangkan kegiatan hilir meliputi pengolahan komoditas pertanian menjadi produk olahan beserta distribusinya. Pelaksanaan magang ini bertujuan untuk melatih keterampilan mahasiswa dan menambah pengalaman di dunia kerja.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPongoh, Ida Adha AnrosanaNIDN0012127502
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembibitan Tanaman Kopi Robusta Di Perumda Perkebunan Kahyangan Gunung Pasang Kabupaten Jember
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Aprilia Yudanti
Date Deposited: 19 Jul 2024 04:06
Last Modified: 19 Jul 2024 04:07
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34528

Actions (login required)

View Item View Item