Budidaya Tanaman Melon (Cucumis Melo L.) Varietas Golden Topaz dengan Sistem DRFT (Dynamic Root Floating Technique) di PT. Lentera Agropedia Nusantara, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Alfiansyah, Mochammad Sulton (2024) Budidaya Tanaman Melon (Cucumis Melo L.) Varietas Golden Topaz dengan Sistem DRFT (Dynamic Root Floating Technique) di PT. Lentera Agropedia Nusantara, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (43kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (77kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (105kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Budidaya Tanaman Melon (Cucumis Melo L.) Varietas Golden Topaz dengan Sistem DRFT (Dynamic Root Floating Technique) di PT. Lentera Agropedia Nusantara, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mochammad Sulton Alfiansyah NIM A31210388: Tahun 2024, 58 halaman, Program Studi Produksi Tanaman Hortikultura, Jurusan Produksi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Ir. Tri Rini Kusparwanti, MP. Zaman yang semakin berkembang saat ini mengakibatkan berkurangnya lahan, khususnya lahan pertanian. Hal ini jika tidak diimbangi dengan inovasi di bidang pertanian akan berakibat pada krisis pangan dikarenakan pertambahan populasi manusia yang semakin bertambah akan sejajar dengan bertambahnya kebutuhan pangan. Hidroponik hadir sebagai solusi dari berkurangnya lahan pertanian. Berbudidaya tanaman secara hidroponik akan mampu menghasilkan kualitas dan kuatitas hasil pertanian yang sangat baik jika dikelola dengan benar. Salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan dengan cara hidroponik adalah tanaman melon. Tanaman melon (Cucumis melo L.) merupakan salah satu komoditas tanaman buah yang sering dibudidayakan karena memiliki rasa yang enak, tekstur yang unik, serta memiliki kandungan gizi yang baik. Dengan tata cara budidaya yang benar maka budidaya tanaman melon secara hidroponik dapat menghasilkan keuntungan ekonomis yang cuku tinggi. Tujuan Magang bermanfaat untuk mengasah ilmu yang telah dipelajari di kampus. Khususnya dalam berbudidaya tanaman buah semusim. Selain itu, kegiatan magang juga bermanfaat untuk mengetahui segala permasalahan dalam seluruh tahapan budidaya melon secara hidroponik serta memahami analisis usaha tani yang sesungguhnya di PT. Lentera Agropedia Nusantara. Pelaksanaan kegiatan magang dilakukan di PT. Lentera Agropedia Nusantara, Pripih, Hargomulyo, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta yang dilaksanan mulai tanggal 01 Februari sampai dengan 01 Juni 2024. PT. Lentera Agropedia Nusantara merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang Lembaga Pelatihan Kerja Hidroponik, Tempat Uji Kompetensi (TUK) Pertanian, kontraktor Greenhouse, serta Konsultan Pertanian di bidang hidroponik.Pemilik dari perusahaan ini terdiri dari dua orang, yaitu Ardy Seno selaku owner dari Mastagiri Group dan Lantip Kurniawan selaku owner Gully Trapesium Dengan komoditas yang dibudidayakan diantaranya adalah tanaman buah semusim yakni tanaman melon dengan berbagai varietas seperti Sweet Hami, Kirin, Midori, dan Golden Topaz, serta berbagai jenis sayuran daun seperti selada, kangkung, dan pakchoy. Sistem budidaya yang digunakan menggunakan sistem Substrat, NFT, dan DRFT.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKusparwanti, Tri RiniNIDN0019026203
Uncontrolled Keywords: Budidaya, Melon, Hidroponik, DRFT
Subjects: 100 - Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) > 110 - Ilmu IPA > 113 - Biologi
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > PKL
Depositing User: Mochammad Sulton Alfiansyah
Date Deposited: 19 Jul 2024 04:05
Last Modified: 19 Jul 2024 04:05
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34524

Actions (login required)

View Item View Item