Manajemen Pengolahan Pasca Panen Kopi Arabika (Coffea arabica L.) dengan Metode Full wash dan Semi Wash pada Mitra CV. Nuri Indah Lestari

Palupy, Maldini Sindu (2023) Manajemen Pengolahan Pasca Panen Kopi Arabika (Coffea arabica L.) dengan Metode Full wash dan Semi Wash pada Mitra CV. Nuri Indah Lestari. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (35kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (108kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (152kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan magang dimulai pada tanggal 1 Agustus 2023 hingga 22 November 2023. Magang dilaksanakan di CV. Nuri Indah Lestari, Jalan Kawah Ijen, Kecamatan Sumberwringin, Kabupaten Bondowoso. CV. Nuri Indah Lestari bermitra dengan PT. Varion Coffee dalam bidang pengolahan pasca panen. Dimana CV. Nuri Indah Lestari mengambil green bean proses full wash yang telah diolah oleh PT. Varion Coffee sebanyak 100 kilogram dalam satu minggu untuk produksi roasted bean. Kegiatan magang dilakukan dengan cara ikut serta dalam proses pengolahan pasca panen hingga manajemen kafe dan barista. Tujuan dilaksanakan kegiatan magang di CV. Nuri Indah Lestari yaitu diharapkan mahasiswa dapat mengetahui dan melaksanakan teknis pengolahan pasca panen dan tata cara mengelola manajemen kafe dan barista. Kegiatan magang ini meliputi seluruh kegiatan yang dilakukan di tempat pengolahan pasca panen dan di tempat kedai kopi Nurico. Proses pengolahan pasca panen yang dilakukan oleh mitra CV. Nuri Indah Lestari yaitu PT. Varion Coffee adalah pengolahan pasca panen full wash dan semi wash. Pada proses pengolahan pasca panen full wash terdapat beberapa tahapan, yaitu pembelian bahan baku kopi gelondong petik merah, proses pelepasan kulit buah dengan mesin pulper, fermentasi dengan mengunakan air selama kurang lebih 12 jam atau semalaman, pencucian dengan tujuan untuk menghilangkan lendir, sortasi untuk menjaga mutu kopi, pengeringan dengan cara di jemur di bawah sinar matahari hingga kadar air 12-13%, pelepasan kulit tanduk menggunakan mesin huller, pengemasan dengan 2 lapisan yaitu plastik dan karung, terakhir yaitu penyimpanan. Pada proses pengolahan semi wash memiliki lebih sedikit tahapan dibandingkan dengan proses pengolahan full wash, yaitu pembelian bahan baku berupa biji kopi HS basah (Husk Skin) yang sebelumnya telah melalui proses pra-fermentasi selama 6 jam kemudian pecah kulit buah dan pencucian. Langkah selanjutnya yaitu pengeringan dengan cara dijemur dibawah sinar matahari hingga kadar air mencapai 12-13% kemudian dilakukan pelepasan kulit tanduk dengan mesin huller dan selanjutnya dikemas dengan menggunakan karung lalu di simpan di gudang penyimpanan untuk menunggu pengiriman.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAsmono, Sepdian LuriNIDN0003098604
Uncontrolled Keywords: pengolahan pasca panen, fullwash, semiwash, kopi arabika, kopi ijen
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 164 - Mekanisasi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 166 - Teknologi Pasca Panen
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 167 - Teknologi Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Pengelolaan Perkebunan Kopi > PKL
Depositing User: Maldini Sindu Palupy
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:19
Last Modified: 18 Jul 2024 07:20
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34415

Actions (login required)

View Item View Item