Sistem Informasi Pelayanan Forum Anak Berbasis Bot Telegram Menggunakan Metode Webhook (Studi DP3AP2KB Kabupaten Pasuruan)

Nabila, Ranin (2024) Sistem Informasi Pelayanan Forum Anak Berbasis Bot Telegram Menggunakan Metode Webhook (Studi DP3AP2KB Kabupaten Pasuruan). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (29kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (147kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (36kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sistem Informasi Pelayanan Forum Anak Berbasis Bot Telegram Menggunakan Metode Webhook (Studi DP3AP2KB Kabupaten Pasuruan), Ranin Nabila, NIM E31210790, Tahun 2024, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Hendra Yufit Riskiawan S.Kom., M.Cs. (Dosen Pembimbing). Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan. Menurut Pasal 1 UU No. 35 Tahun 2014, anak adalah setiap orang yang belum berusia 18 tahun. Menurut Kosnan (2005), anak-anak adalah manusia muda yang memiliki umur muda serta jiwa dan perjalanan hidup yang mudah terpengaruh oleh keadaan sekitarnya. Anak memiliki peran strategis dalam menjamin eksistensi bangsa dan negara di masa mendatang. Negara berkewajiban untuk menjamin hak setiap anak atas kelangsungan hidup, tumbuh kembang, serta terlindung dari kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi. Namun, Forum Anak di Kabupaten Pasuruan menghadapi beberapa tantangan, seperti kendala waktu, aksesibilitas, dan komunikasi yang kurang efektif. Oleh karena itu, mereka membutuhkan media yang dapat menghubungkan mereka dengan masyarakat secara cepat dan sederhana. Telegram menjadi salah satu opsi, karena merupakan aplikasi pesan langsung yang sederhana, cepat, dan tersedia di berbagai perangkat. Bot Telegram dapat digunakan untuk meningkatkan interaksi antar anggota Forum Anak, dengan kemampuannya dalam menyediakan pelayanan otomatis, mengirim notifikasi, dan memberikan informasi yang relevan. Webhook adalah salah satu metode komunikasi dalam Bot Engine Telegram yang memungkinkan pengiriman informasi secara langsung. Dengan teknologi Bot Engine dan akses yang mudah, diharapkan pelayanan Forum Anak bisa lebih efisien, mempersingkat waktu, dan mengurangi beban kerja pegawai untuk memberikan pelayanan, kontrol, dan penanganan pertanyaan serta keluhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRiskiawan, Hendra YufitNIDN0003028302
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Bot Telegram, Forum Anak
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Ranin Nabila
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:27
Last Modified: 16 Jul 2024 03:28
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33979

Actions (login required)

View Item View Item