Manajemen dan Strategi Pemasaran pada Agrowisata Lumbung Stroberi di Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu

Maimunah, Siti (2024) Manajemen dan Strategi Pemasaran pada Agrowisata Lumbung Stroberi di Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (193kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 pendahuluan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (273kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31210517_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (298kB)

Abstract

Lumbung Stroberi yang merupakan salah satu unit usaha dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Raharjo yang berkecimpung dibidang Agrowisata. Lumbung Stroberi terletak di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, yang berdiri semenjak tahun 2018. Lumbung Stroberi didirikan bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat setempat terutama petani stroberi yang berada di Desa Pandanrejo. Lumbung stroberi terletak di Dusun Pandan yang mana dusun ini memiliki potensi alam yang khas yaitu penghasil buah stroberi. Mayoritas petani di Dusun Pandan adalah petani stroberi. Sebagian besar penduduk Desa Pandanrejo merupakan petani, dengan potensi hasil pertanian terbesar adalah buah stroberi. Keberadaan stroberi di Desa Pandanrejo sudah ada sejak lama. Namun seiring berjalannya waktu, produksi stroberi cenderung turun dan membuat petani beralih untuk menanam selain stroberi. Lumbung Stroberi didirikan untuk meningkatkan gairah petani setempat untuk kembali menanam stroberi dan juga menjadikan Desa Pandanrejo sebagai ikon Desa Wisata Stroberi dengan konsep petik stroberi dan wisata edukasi. Upaya meningkatkan dibidang pemasaran Agrowisata Lumbung Stroberi memerlukan manajemen dan strategi pemasaran yang baik. Manajemen dan strategi pemasaran menjadi sangat penting dalam meningkatkan visibilitas dan penjualan produk. Di era perkembangan digital saat ini, dengan memanfaatkan teknologi digital akan berpengaruh dalam pengoptimalan efisiensi, peningkatkan penjualan, serta perluasan pemasaran Agrowisata Lumbung Stroberi ke khalayak luas, dan akan membawa keberhasilan berkelanjutan pada wisata ini. Rangkaian kegiatan magang yang telah dilakukan di Agrowisata Lumbung Stroberi yaitu kegiatan pemeliharaan tanaman stroberi mulai dari menyiram, menyiang gulma, memangkas stolon dan daun yang rusak atau tua, kegiatan pendampingan (guide) petik stroberi, penanganan pasca panen, pengemasan stroberi fresh (sortasi dan grading), menjadi admin dan respsionis, membantu mempromosikan dan memasarkan Agrowisata Lumbung Stroberi, menjadi weithers di caffe lumbung stroberi, serta ikut serta dalam event festival stroberi yaitu gemah ripah stroberi 2024 yang berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kota Batu.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSundari, SriNIDN0014096402
Uncontrolled Keywords: Manajemen dan Strategi Pemasaran pada Agrowisata Lumbung Stroberi di Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Siti Maimunah
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:25
Last Modified: 08 Jul 2024 03:25
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33608

Actions (login required)

View Item View Item