Pembaruan Design UI/UX Pada Aplikasi Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember

Hamestuti, Nabiyla (2024) Pembaruan Design UI/UX Pada Aplikasi Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (296kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (371kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (184kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Magang merupakan kegiatan yang digunakan sebagai sarana untuk mengaktualisasi diri terhadap kemampuan softskill dan hardskill yang diperoleh selama proses pembelajaran di perkuliahan, yang mana hal tersebut diimplementasikan di sebuah perusahaan maupun instansi. Pada laporan magang ini akan disajikan beberapa kegiatan pelaksanaan, output yang dihasilkan serta penanganan dari permasalahan yang dihadapi di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember. Pelaksanaan kegiatan magang di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember bertujuan untuk melaksanakan tugas pokok guna membantu dalam proses pengembangan perangkat lunak dan melakukan pembelajaran terhadap hal-hal baru yang dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Dalam pelaksanaan kegiatan magang tersebut, penulis melakukan pembaruan design UI&UX untuk aplikasi PPID Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember. Aplikasi PPID merupakan aplikasi yang digunakan untuk permohonan informasi pada masing-masing OPD yang ada di Kabupaten Jember. Pembaruan design UI&UX pada aplikasi PPID dikarenakan design UI&UX pada aplikasi PPID yang lama dibilang cukup jadul serta terdapat beberapa bagian yang masih dirasa tidak user friendly. Hasil pengujian akhir dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dari pembaruan design UI&UX mendapatkan skor SUS sebesar 84, dan analisis data pengujian post-task didapatkan bahwa median untuk semua fungsi F01 sampai F10 bernilai “mudah”. Dengan adanya pembaruan design UI&UX tersebut diharapkan dapat semakin mempermudah pengguna dalam menggunakan aplikasi.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDestarianto, PrawidyaNIDN0012128001
Uncontrolled Keywords: ui/ux, sus, post-task, ppid, diskominfo
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > PKL
Depositing User: Nabiyla Hamestuti
Date Deposited: 01 Jul 2024 02:43
Last Modified: 01 Jul 2024 02:43
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33267

Actions (login required)

View Item View Item