Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Pengembalian Rekam Medis Rawat Inap di KSM Ilmu Kesehatan Anak Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Hasan Sadikin Bandung

Dwiyana, Narita (2023) Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Pengembalian Rekam Medis Rawat Inap di KSM Ilmu Kesehatan Anak Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Hasan Sadikin Bandung. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (113kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (137kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
ilovepdf_merged.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Hasan Sadikin Bandung sudah mengimplementasikan rekam medis elektronik rawat inap (EMR). Berkas rekam medis rawat inap berbasis kertas masih digunakan dalam sebagian proses pelayanan dan perawatan pasien. Dalam masa peralihan tersebut, masih ditemukan berbagai permasalahan dalam proses penyelenggaraan rekam medis. Berdasarkan hasil wawancara pendahuluan dengan Petugas Rekam Medis di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Hasan Sadikin Bandung bahwa salah satu masalah yang masih ditemui sampai saat ini yaitu keterlambatan pengembalian dokumen rekam medis rawat inap dari KSM Ilmu Kesehatan Anak ke ruang rekam medis. Standar waktu pengembalian rekam medis rawat inap di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Hasan Sadikin Bandung berdasarkan Panduan Pelayanan Rekam Medis yaitu 1×24 jam. Dalam rentang waktu Juli-September 2023, dapat diketahui bahwa rata-rata persentase keterlambatan total mencapai angka 22% dengan kejadian keterlambatan pengembalian terbesar terjadi pada bulan Juli. Dari data yang diperoleh tersebut terlambat dikembalikan oleh transporter ruangan rawat inap. Oleh karena itu, dapat penulis simpulkan bahwa pengembalian rekam medis rawat inap di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Hasan Sadikin Bandung masih belum sesuai dengan standar yang terdapat pada Panduan Pelayanan Rekam Medis. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa Faktor Man (Manusia) yang menjadi penyebab keterlambatan pengembalian rekam medis rawat inap di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Hasan Sadikin Bandung yaitu masih kurannya kedisiplinan dan pengetahuan tenaga medis terutama dokter dalam mengisi rekam medis dan keterlambatan petugas PU dalam mengupload berkas pada e-klaim sehingga bere pada keterlambatan pengembalian rekam medis.. Faktor Method (metode atau prosedur kerja) yang menjadi penyebab keterlambatan pengembalian rekam medis rawat inap di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Hasan Sadikin Bandung yaitu tidak adanya SOP pengembalian rekam medis di ruang rawat dan belum rutinnya pelaksanaan sosialisasi SOP pengembalian rekam medis. Faktor Money (keuangan) yang menjadi penyebab keterlambatan pengembalian rekam medis rawat inap di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Hasan Sadikin Bandung yaitu belum adanya punissment dan reward terhadap tenaga kesehatan yang kurang disiplin dalam pengembalian rekam medis rawat inap. Alternatif solusi pemecahan masalah keterlambatan pengembalian rekam medis rawat inap di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Hasan Sadikin Bandung ung yaitu selalu segera mengingatkan Dokter untuk segera melengkapi rekam medis apabila ada rekam medis yang belum lengkap, melakukan sosialisasi SOP pengembalian rekam medis secara rutin, dan menerapkan rekam medis elektronik rawat inap secara keseluruhan dan memberikan punissment dan reward kepada tenaga kesehatan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDYunus, MuhammadNIDN0831128607
Uncontrolled Keywords: Rekam Medis
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 370 - Ilmu Keperawatan dan Kebidanan > 373 - Administrasi Rumah Sakit
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Narita Dwiyana
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:42
Last Modified: 17 Jul 2024 02:43
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33153

Actions (login required)

View Item View Item