Total Solid (TS),Dan Solid Non Fat (SNF) Sapi Perah Peranakan Friesian Holstein (PFH) Pada Periode Laktasi Berbeda Di UD. Saputra Jaya Jombang Jawa Timur

Marsyah Aaliyah, Dwi Ananda (2024) Total Solid (TS),Dan Solid Non Fat (SNF) Sapi Perah Peranakan Friesian Holstein (PFH) Pada Periode Laktasi Berbeda Di UD. Saputra Jaya Jombang Jawa Timur. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (149kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (141kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sapi perah yang dipelihara di UD Saputra Jaya merupakan sapi Peranakan Friesien Holstein (PFH) yang telah dikembangbiakkan untuk memenuhi kebutuhan susu sapi yang memiliki kualitas dan produksi susu yang baik. Indikator susu sapi dikatakan berkualitas baik apabila dari persentase Total Solid dan Solid Non Fat. Maka perlu diamati dari kandungan TS dan SNF. Kedua komponen tersebut akan menentukan harga jual susu, karena semakin tinggi kandungan bahan kering dalam susu, maka akan meningkatnya produk menjadi susu bubuk yang diolah pada Industri Pengolahan Susu. Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mengetahui kualitas susu sapi perah Peranakan Friesian Holstein (PFH) Total Solid dan Solid Non Fat pada tingkat laktasi yang berbeda dan mengetahui hubungan korelasi kualitas susu TS dan SNF terhadap laktasi berbeda. Metode yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode pengumpulan data primer dan data sekunder. Dengan uji Laboratorium menggunakan alat Lactoscan. Pengamatan ini dilaksanakan pada 1 Agustus – 30 November 2023 di UD. Saputra Jaya Jombang. Hasil dari pengamatan ini menunjukan rata-rata kualitas susu Total Solid dan Solid Non Fat telah memenuhi Standar Nasional Indonesia. SNI TS dan SNF yaitu sebesar 11,3% dan 7,8%. Namun mengalami penurunan pada setiap kenaikan tingkat laktasi. Dari uji hubungan korelasi antara Total Solid dan Solid Non Fat yaitu tingkat laktasi yang berbeda memiliki korelasi negatif (-) terhadap TS dan SNF. Artinya semakin bertambahnya laktasi maka mengalami penurunan kualitas susu TS dan SNF. Namun memiliki hubungan korelasi dengan intensitas sangat kuat yang diperoleh dari nilai pearson correlation sebesar -0,886 dan -0,930. Disimpulkan banyak faktor yang memengaruhi kualitas fisik dan kimia susu sapi segar antara lain bangsa sapi perah, pakan, system pemberian pakan, frekuensi pemerahan, metode pemerahan, perubahan musim dan periode laktasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHasanah, NiswatinNIDN0007099301
Uncontrolled Keywords: Sapi Peranakan Friesian Holstein (PFH), Total Solid (TS), Solid Non Fat (SNF)
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 211 - Ilmu Peternakan
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 213 - Nutrisi dan Makanan Ternak
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Dwi Ananda Marsyah Aaliyah
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:33
Last Modified: 04 Jun 2024 02:35
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32566

Actions (login required)

View Item View Item