Wulandari, Ajeng Tias (2024) Penerapan Design Thinking Pada Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bondowoso. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (184kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (308kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (298kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
PENERAPAN DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BONDOWOSO, Ajeng Tias Wulandari, NIM E41201015, Tahun 2024, 54 Halaman, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Hermawan Arief Putranto, ST, MT (Dosen Pembimbing Magang) dan Achmad Faliqul Isbah, A.Md (Pembimbing Lapang). Di era digital, layanan publik menjadi semakin penting karena mampu menawarkan berbagai kemudahan dan efisiensi dalam interaksi antara pemerintah dan masyarakat. Perkembangan teknologi dan kemudahan internet membuat layanan publik lebih mudah diakses, lebih transparan, dan lebih cepat, yang pada gilirannya mempercepat proses administrasi, pengambilan keputusan, dan komunikasi antara pemerintah dan warga. Selain itu, era digital juga membuka peluang untuk lebih banyak komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. Selama ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bondowoso telah menghadapi beberapa masalah dalam memberikan layanan publik yang efektif dan inklusif. Mereka tidak memiliki sistem pelayanan secara online yang dapat membantu orang mengakses berbagai dokumen dan prosedur yang berkaitan dengan pencatatan sipil dan kependudukan. Berdasarkan masalah tersebut, kelompok penulis memutuskan untuk membuat sistem informasi pelayanan dengan menggunakan Desain Thinking dalam proses perancangan. Oleh karena itu, sistem pelayanan secara digital menjadi semakin penting di era teknologi canggih ini karena dapat membuat warga lebih mudah mengaksesnya dan meningkatkan efisiensi dan transparansi proses pelayanan publik. Pengembangan sistem pelayanan digital oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menjadi langkah yang sangat relevan dan mendukung kemajuan pelayanan publik yang lebih baik di Kabupaten Bondowoso, karena akan memungkinkan mereka untuk lebih mengetahui terhadap kebutuhan warga dan membuat pelayanan publik lebih inklusif dan adaptif terhadap perkembangan zaman.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | design thinking, sistem informasi pelayanan, diskominfo, website | ||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi |
||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > PKL | ||||||
Depositing User: | AJENG TIAS WULANDARI | ||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2024 01:55 | ||||||
Last Modified: | 24 Jan 2024 01:56 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29828 |
Actions (login required)
View Item |