Saluran Distribusi Penjualan pada General Trade Channel di UD Andatu Mulia Distributor Resmi PT Nestlé Jember

Wulandari, Chellya Melina (2023) Saluran Distribusi Penjualan pada General Trade Channel di UD Andatu Mulia Distributor Resmi PT Nestlé Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (33kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (103kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
FIXX LAPORAN MAGANG FIX UPLOAD SIPORA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Magang merupakan kegiatan akademik yang direalisasikan oleh Politeknik Negeri Jember untuk peningkatan kompetensi sumber daya manusia yang handal, berkualitas dan relevan dengan kebutuhan industri. Kegiatan Magang dilaksanakan dengan akumulasi waktu 900 jam atau setara 20 SKS yang terbagi menjadi 100 jam untuk pra Magang, 700 jam untuk kegiatan Magang, dan 100 jam untuk pasca Magang. Selama Magang mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh saat perkuliahan untuk menyelesaikan serangkaian tugas yang diberikan. Kegiatan ini merupakan prasyarat mutlak kelulusan bagi mahasiswa serta sarana mendapatkan pengalaman sesuai bidang keahliannya dan bermanfaat setelah mahasiswa menyelesaikan perkuliahan. Lokasi kegiatan Magang yaitu UD Andatu Mulia Distributor Resmi PT Nestlé Jember di JL. MH Thamrin No. 98 mulai tanggal 9 Agustus 2022 sampai 15 Desember 2022. Distributor merupakan pihak yang menjadi perantara dalam pendistribusian barang atau jasa dari produsen ke konsumen. PT Nestlé Indonesia memiliki distributor resmi hampir di setiap kota di Indonesia untuk mendistribusikan produknya secara merata, salah satunya yaitu UD andatu Mulia. Kegiatan utama yang dilakukan oleh UD Andatu Mulia yaitu pendistribusian produk dan mengjangkau seluruh wilayah di Kabupaten Jember. Saluran distribusi pada UD Andatu Mulia dibagi menjadi tiga channel yaitu General Trade Channel, Modern Trade Channel, dan Alternative Trade Channel dengan pangsa pasar dan target penjualan yang berbeda-beda. General Trade Channel merupakan salah satu dari tiga channel yang digunakan oleh Nestlé untuk memudahkan pendistribusian produk ke konsumen. General Trade Channel merupakan channel yang kompleks dan memiliki jangkauan distribusi paling luas diantara tiga channel yang ada serta memegang pendapatan terbesar kedua setelah saluran distribusi Modern Trade Channel. Sasaran konsumen pada channel ini terbagi menjadi tiga subchannel yaitu pasar, provision, dan wholesales. Subchannel pasar menjangkau toko-toko di area pasar induk, subchannel provision menjangkau toko-toko kecil baik di sepanjang jalan raya maupun di dalam residensial (perumahan), dan subchannel wholesales menjangkau toko-toko yang merupkan pedagang besar (grosir). Permasalahan yang terjadi pada General Trade Channel yaitu proses distribusi penjualan yang kurang optimal disebabkan oleh beberapa faktor meliputi Man, Method, Machine, Management, dan Environment. Masalah yang muncul dari faktor-faktor tersebut yaitu kurang disiplin salesman saat menghadiri briefing, kinerja tenaga pengiriman kurang efektif, sering terjadi retur produk akibat kelalaian pihak gudang, kurangnya komunikasi dan koordinasi saat penyampaian promosi, alat HHT salesman kurang memadai, terdapat kendaraan pengiriman yang kurang layak, penugasan kerja karyawan yang tidak sesuai jobdesk, konsumen lebih cenderung ke satu merek, perubahan kondisi lingkungan dan masyarakat, dan harga jual pesaing lebih rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu adanya solusi yang dapat diterapkan oleh perusahaan diantaranya yaitu penetapan sanksi yang lebih ketat; melakukan standarisasi produk dan pemeriksaan produk secara rutin; melakukan survei terkait perilaku konsumen, lokasi, dan kecenderungan masyarakat untuk menentukan ketepatan produk yang dijual; memberdayakan kinerja karyawan dengan mengupgrade alat HHT salesman, mengupayakan pembaruan kendaraan pengiriman, serta penetapan jobdesk yang sesuai; membangun komunikasi dan koordinasi yang baik antar karyawan; serta menawarkan promo dan reward menarik.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPratama, Fredy Eka ArdhiNIDN0003019105
Uncontrolled Keywords: Distribusi, Penjualan, General Trade Channel, UD Andatu Mulia
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Chellya Melina Wulandari
Date Deposited: 03 Aug 2023 08:26
Last Modified: 03 Aug 2023 08:26
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27332

Actions (login required)

View Item View Item