Analisis Usaha Kacang Sembunyi Rasa Pedas Manis di Desa Sumursongo Kecamatan Karas Kabupaten Magetan

Kholifatul Janah, Anisa (2022) Analisis Usaha Kacang Sembunyi Rasa Pedas Manis di Desa Sumursongo Kecamatan Karas Kabupaten Magetan. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (34kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (40kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (81kB)

Abstract

Kacang sembunyi merupakan salah satu produk makanan ringan yang sudah dikenal dikalangan masyarakat Indonesia. Tetapi kebanyakan kacang sembunyi yang ditemui biasanya memiliki rasa original dan manis. Oleh karena itu, perlu dilakukan sebuah diversifikasi produk dengan mencoba membuat kacang sembunyi varian rasa pedas manis. Pemilihan bumbu pedas manis dikarenakan saat ini camilan yang memiliki rasa pedas manis sangat digemari oleh masyarakat. Usaha ini untuk meningkatkan nilai ekonomis kacang tanah dan memperoleh keuntungan serta menciptakan peluang usaha. Produksi usaha kacang sembunyi rasa pedas manis ini dilakukan sebanyak 5 kali. Kegiatan produksi ini dapat menghasilkan sebanyak 26 kemasan dengan berat 150 g yang dijual dengan harga Rp 10.000. Untuk mengetahui sejauh mana suatu usaha dapat memberikan manfaat, maka diperlukan suatu analisis usaha agar dapat diketahui apakah usaha tersebut menguntungkan atau merugikan. Dalam pelaksanaan tugas akhir ini menggunakan 3 metode analisis usaha, yaitu BEP (Break Even Point), R/C Ratio (Revenue Cost Ratio) dan ROI (Return of Invesment). Setiap 1 kali proses produksi menghasilkan laba sebesar Rp 67.957, BEP (produksi) sebesar 19.20 kemasan dengan total produksi sebanyak 26 kemasan, BEP (harga) sebesar Rp 7.386,26 per kemasan dengan harga jual Rp. 10.000 per kemasan, R/C Ratio senilai 1,35 dan ROI senilai 8,04 %. Berdasarkan hasil analisis usaha tersebut produk kacang sembunyi rasa pedas manis dapat dikatakan menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Saluran pemasaran yang digunakan yaitu saluran pemasaran secara langsung dan pemasaran tidak langsung. Promosi yang digunakan dengan memanfaatkan media sosial, seperti WhatsApp dan Instagram, serta menawarkan secara langsung pada konsumen. Kata Kunci : Analisis Usaha, Kacang Sembunyi, Kacang Tanah

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorLestari, DatikNIDN0001089108
Uncontrolled Keywords: Kacang Tanah, Analisis Usaha, Gula Palma, Kacang Kacangan, Kewirausahaan, Pemasaran.
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Anisa Kholifatul Janah
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:56
Last Modified: 25 Jul 2023 03:58
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25491

Actions (login required)

View Item View Item