Alsabfandi, Mochammad Andika (2023) Aplikasi Pengenalan Buah Pada Anak Paud Berbasis Augmented Reality. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (71kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahaluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (80kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
Tugas Akhir Full Test.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (75kB) |
Abstract
Aplikasi Pengenalan Buah Pada Anak Paud Berbasis Augmented Reality, Mochammad Andika Alsabfandi, NIM E31202523, Tahun 2023, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Taufiq Rizaldi, S.ST., MT (Pembimbing). Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang begitu pesat pada saat ini dan hampir semua aktivitas kehidupan manusia tidak terlepas dari teknologi. Teknologi juga mendorong proses pembelajaran untuk lebih menarik sebagai upaya untuk peningkatan kualitas pendidikan. Inovasi dan metode pembelajaran yang baru dan tepat akan membantu proses pemahaman anak didik sehingga dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dalam kehidupan sehari – hari. Salah satu cara untuk mendorong tercapainya pembelajaran yang efektif, digunakanlah alat bantu belajar atau yang biasa disebut teknologi. Proses pembelajaran itu sendiri menekankan pada terjadinya interaksi antara anak didik, guru, metode, kurikulum, sarana, dan aspek lingkungan yang terkait untuk mencapai kompetensi pembelajaran. Metode pembelajaran dengan ceramah cenderung membosankan, guru menyampaikan materi secara ceramah dan mengharapkan anak didik mendengarkan, mencatat, dan paham terhadap materi yang disampaikan. Teknologi multimedia yang tepat adalah Augmented Reality (AR) pada pembelajaran pengenalan buah secara 3D, agar mampu meningkatkan semangat belajar untuk anak didik. Dengan menggunakan visual 3D, anak didik dapat mengingat bagaimana bentuk buah tersebut dengan lebih mendetail dan nyata. Sehingga anak didik dapat belajar lebih menyenangkan melalui teknologi tersebut yang dapat dioperasikan di dalam handphone.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Pengenalan Buah, Aplikasi Android, Augmented Reality, Marker Based Tracking | ||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika | ||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Mochammad Andika Alsabfandi | ||||||
Date Deposited: | 04 Jul 2023 08:03 | ||||||
Last Modified: | 04 Jul 2023 08:05 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24466 |
Actions (login required)
View Item |