Pengembangan Aplikasi Asuransi Swasta Dengan Metode FOCUS PDCA Di RSUP Sanglah Denpasar

Arifin, Astiarini (2020) Pengembangan Aplikasi Asuransi Swasta Dengan Metode FOCUS PDCA Di RSUP Sanglah Denpasar. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (33kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (63kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
G41161823_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi E-Pasti khusunya pada bagian asuransi tidak memiliki pemberitahuan kepada pasien bahwa berkas pengajuan asuransinya telah selesai diproses. Hal ini mengakibatkan pasien harus menelefon ataupun datang langsung ke rumah sakit sehingga menjadi tidak effisien. Berdasarkan pengamatan selama 1 minggu di bagian asuransi ditemukan masalah berupa petugas mengambil blanko asuransi ke poli sebanyak 2 sampai 3 kali tetapi blanko belum selesai di proses. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya pemberithuan pada sistem dari poli bahwa blanko telah selesai diproses oleh dokter.Pasien yang mengajukan asuransi harus menelepon ke bagian asuransi. Sehari pasien bisa menelfon lebih dari 2 kali untuk menanyakan status berkas mereka bahkan ada yang harus datang langsung ke Rumah Sakit tetapi blanko belum selesai di proses.Blanko yang ada di poli kadang tertumpuk karena tidak segera diambil oleh petugas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode FOCUS PDCA yang terdiri dari 9 tahap diantaranya Find-Organize-Clarify-Understand-Select-Plan-Do-Check-Action. Metode penelitian tersebut digunakan dalam menyelesaikan masalah terkait upaya untuk mengevaluasi kejadian misfile berkas rekam medis di RSUP Sanglah Denpasar. Hasil yang diperoleh setelah melakukan tahap perbaikan yaitu Pelayanan Pengajuan Asuransu menjadi lebih efisien karena pasien tidak perlu lagi datang atau menelepon ke rumah sakit untuk menanyakan status berkas pengajuannya

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDeharja, AtmaNIDN0017118402
Uncontrolled Keywords: E-Pasti, FOCUS PDCA
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Astiarini Arifin
Date Deposited: 17 Feb 2021 01:56
Last Modified: 24 Feb 2021 03:23
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/2431

Actions (login required)

View Item View Item