Proses Bir-Biran Dan Sortasi Tahap 1 Pada Pengolahan Tembakau Bawah Naungan (TBN) di PT Perkebunan Nusantara X Kebun Ajong Gayasan Jember

Jumantoro, Ahmad Deky (2021) Proses Bir-Biran Dan Sortasi Tahap 1 Pada Pengolahan Tembakau Bawah Naungan (TBN) di PT Perkebunan Nusantara X Kebun Ajong Gayasan Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (92kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (176kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (89kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31180951_LAPORAN PKL LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang (PKL) merupakan kegiatan mahasiswa untuk belajar kerja praktis dari perusahaan sehingga mendapatkan pengalaman dan keterampilan khusus di dunia industri sesuai bidang keahliannya. Kegiatan PKL ini dilaksanakan pada Tanggal 3 September 2020 hingga 15 Desember 2020. Tujuan dilaksanakan PKL yaitu mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan wawasan tentang teknik budidaya tanaman Tembakau Bawah Naungan dengan baik dan benar di PT Perkebunan Nusantara X Kebun Ajong Gayasan Jember serta lebih kritis terhadap perbedaan atau kesenjangan yang dijumpai dilapang dengan yang diperoleh dibangku kuliah. Pelaksanaan kegiatan PKL dilakukan dengan mengikuti serangkaian kegiatan meliputi pasca panen tembakau Na-Oogst, pengeringan tembakau NaOogt, dan Pengolahan tembakau Na-Oogt. Hasil kegiatan praktik kerja lapang di perkebunan penulis memperoleh pengalaman sebagai pembelajaran proses pasca panen tanaman tembakau hingga pengeringan daun temabakau dan sampai proses pengolahan daun tembakau di gudang pengolah atau gudang seng selain itu dapat memahami permasalahan dan pemecahan masalah dalam mengelola kegiatan proses budidaya tanaman tembakau di PT Perkebunan Nusantara X Kebun Ajong Gayasan. Bir-biran adalah pelaksanaan buka daun tembakau secara sempurna yang bertujuan untuk memudahkan pemilihan daun tembakau dalam proses sortasi, di adakan pemisahan berdasarkan panjang dan pendeknya daun tembakau, yang menghasilkan (utuh, pecah, Filler). Hasil yang di dapat selama kegiatan PKL berlangsung di PTPN X Kebun Ajong Gayasan yaitu mengetahui serangkaian tahapan kegiatan mulai dari pemetikan dilahan hingga proses yang ada di gudang pengolah. Kegiatan ini menambah banyak sekali pengalaman dan pengetahuan dalam proses di lapang sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorLestari, DatikNIDN001089108
Uncontrolled Keywords: Proses Bir-Biran Dan Sortasi
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Ahmad Deky Jumantoro
Date Deposited: 22 May 2023 01:10
Last Modified: 22 May 2023 01:11
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23427

Actions (login required)

View Item View Item