Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Video terhadap Perubahan Pengetahuan dan Asupan Makan Remaja Putri Kurang Energi Kronik (KEK)

Mentari, Rian Nanda and Arum, Puspito and Permadi, M Rizal and Jannah, Miftahul (2022) Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Video terhadap Perubahan Pengetahuan dan Asupan Makan Remaja Putri Kurang Energi Kronik (KEK). HARENA: Jurnal Gizi, 3 (1). pp. 53-60. ISSN 2774-7654

[img] Text (Simmilarity 19% Pengaruh Edukasi Gizi)
2022_J Harena.Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Video terhadap Perubahan Pengetahuan dan Asupan Makan Remaja Putri Kurang.pdf - Supplemental Material
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
Official URL: https://publikasi.polije.ac.id/index.php/harena/is...

Abstract

Kekurangan Energi Kronis (KEK) merupakan suatu keadaan dimana remaja putri mengalami kekurangan gizi (kalori dan protein) yang berlangsung secara lama atau menahun. Pengetahuan dan kurangnya asupan makan merupakan salah satu faktor penyebab KEK. Pengetahuan seseorang dapat ditingkatkan melalui pendidikan. Intervensi menggunakan media video diketahui efektif untuk meningkatkan pengetahuan seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh edukasi gizi menggunakan media video terhadap perubahan pengetahun dan asupan makan remaja putri Kurang Energi Kronik (KEK). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre experimental design dengan rancangan one group pre-test post-test design. Jumlah subjek penelitian ini sebanyak 45 remaja putri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja putri mengalami peningkatan rata-rata pengetahuan dari 70,00 menjadi 90,00 setelah diberikan intervensi dengan p-value 0,000. Sedangkan asupan energi mengalami peningkatan dari 1034,00 Kkal menjadi 1230,00 Kkal setelah diberikan intervensi dengan p-value 0,000. Asupan protein mengalami peningkatan dari 41,00 gram menjadi 49,00 gram setelah diberikan intervensi dengan p-value 0,000. Asupan lemak mengalami peningkatan dari 40,00 gram menjadi 57,00 gram setelah diberikan intervensi dengan p-value 0,000. Asupan karbohidrat mengalami peningkatan dari 149,00 gram menjadi 231,00 gram setelah diberikan intervensi dengan p-value 0,000. Kesimpulan: ada perbedaan pengetahuan dan asupan makan remaja putri sebelum dan sesudah edukasi gizi menggunakan media video. Kata Kunci: Asupan makan, Edukasi, KEK, Pengetahuan, Remaja, Video.

Item Type: Article
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Publikasi
Depositing User: M. Rizal Permadi
Date Deposited: 14 Mar 2023 04:01
Last Modified: 14 Mar 2023 04:01
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20494

Actions (login required)

View Item View Item