Analisis Usaha Ting-Ting Kacang Rasa Jahe di Desa Sememu Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang

Suminar, Dyah Retno (2022) Analisis Usaha Ting-Ting Kacang Rasa Jahe di Desa Sememu Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (184kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (189kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (300kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ting-ting kacang rasa jahe merupakan makanan tradisional sejenis permen yang berbahan dasar gula pasir dan kacang tanah dengan tambahan jahe dan wijen sebagai bentuk inovasi produk. Produk ini memiliki rasa manis bercampur pedas yang cocok dikonsumsi sebagai camilan. Adanya rasa manis bercampur pedas menjadi ciri khas dari produk ini. Tujuan tugas akhir ini yaitu dapat melakukan proses produksi, mengetahui analisis kelayakan usaha dan melakukan pemasaran ting-ting kacang rasa jahe. Tugas akhir ini dilaksanakan di Desa Sememu Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang dengan waktu pelaksanaan selama 6 bulan mulai tanggal 1 Januari 2022 sampai tanggal 30 Juni 2022. Proses produksi dilakukan dalam 1 minggu sekali selama 5 kali produksi yang menghasilkan 120 kemasan dalam 5 kali produksi. Analisis kelayakan usaha yang digunakan yaitu BEP, R/C Ratio dan ROI. Perhitungan analisis usaha diperoleh nilai BEP produksi sebanyak 17,84 kemasan dengan kapasitas produksi 24 kemasan dan BEP harga Rp 9.291,93 dengan harga jual sebesar Rp 12.500/kemasan, Nilai R/C Ratio sebesar 1,34 dan nilai ROI sebesar 8,10%. Berdasarkan analisis tersebut diketahui usaha ting-ting kacang rasa jahe menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Pemasaran ting-ting kacang rasa jahe menggunakan saluran distribusi langsung dan tidak langsung serta dilakukan promosi secara langsung (personal selling) dan menggunakan media sosial whatsapp, instagram dan facebook.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMahanani, Retno SariNIDN0007057003
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Ting-Ting Kacang Rasa Jahe
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Dyah Retno Suminar
Date Deposited: 02 Sep 2022 01:55
Last Modified: 02 Sep 2022 01:56
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16109

Actions (login required)

View Item View Item