Standard Operating Prosedure (Sop) Produksi Serbuk Daun Kelor “Kelir” Di Cv. Kreatif Marongghi Center Community (Km-2c) Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember

Kurniawati, Yeni Ida (2021) Standard Operating Prosedure (Sop) Produksi Serbuk Daun Kelor “Kelir” Di Cv. Kreatif Marongghi Center Community (Km-2c) Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (63kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan PKL.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (83kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (234kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN P3M YENI REVISI 2cx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

CV. Kreatif Marongghi Center Community (KM-2C) mendirikan usaha agro industri di desa Kesilir -Wuluhan -Jember sejak tahun 2016. Usaha ini mengolah daun kelor segar menjadi serbuk daun kelor.. Produk yang dihasilkan antara lain serbuk daun kelor, teh kelor, daun kelor kering, dan biji kelor kering. Tujuan Khusus pada kegiatan P3M di CV. KM-2C adalah sebagai berikut : (1).Memahami dan mampu menyelesaikan problematika Quality Control dalam produksi serbuk daun kelor, (2). Memahami dan mampu menyelesaikan problematika pemasaran online melalui Instagram , (3). Memahani dan mampu menyelesaikan problematika dalam memperkenalkan pengolahan serbuk daun kelor menjadi aneka makanan yang bermanfaat untuk kesehatan masyarakat. Pendekatan dalam pemecahan masalah nya antara lain : (1). Pembuatan Standar operasional prosedur (SOP) produksi serbuk daun kelor agar kualitas produk terjaga dengan baik dan mengurangi kesalahan dalam produksi, (2). Mendesain pemasaran online menggunakan media instagram agar area pemasaran lebih luas, (3). Pembuatan materi pelatihan pengolahan serbuk daun kelor menjadi aneka produk makanan dan minuman. Ruang lingkup kegiatan hanya berkisar pada pengendalian manajemen yaitu pada Quality Control, desain pemasaran online melaui Instagram , dan pembuatan materi pelatihan pengolahan serbuk daun kelor. Khalayak sasaran yaitu CV. KM-2C yang memproduksi serbuk daun kelor dan masyarakat. Output yang ingin dihasilkan dari kegiatan P3M ini adalah agar dapat membantu perusahaan untuk menyelesaikan permasalah-permasalahan yang muncul dan dapat mengakibatkan kerugian saat masalah tersebut tidak terselesaiakan dengan baik. Hasil yang diperoleh dari kegiatan P3M ini antara lain: penurunan kesalahan dalam proses pengeringan daun kelor sebesar 15 %, terbentuknya desain pemasaran online melalui instagram, dan tersusunnya materi pelatihan pengolahan serbuk daun kelor menjadi aneka makanan dan minuman yang bermanfaat bagi kesehatan masyarakat.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorYudhia K, Bagus PutuNIDN0008047103
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Program Pascasarjana > Prodi S2 Agribisnis > PKL
Depositing User: Amalia Zakyah
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:10
Last Modified: 25 Aug 2022 04:11
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15726

Actions (login required)

View Item View Item