Zulaikha, Siti (2019) Faktor penyebab pengembalian berkas klaim rawat inap oleh bpjs kesehatan di rumah Sakit mitra sehat situbondo. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Abstrak)
04. RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (14kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (236kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (348kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
71. G41151266 LAPORAN LENGKAP.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pembiayaan kesehatan merupakan bagian terpenting dari implementasi JKN yang diselenggarakan di rumah sakit oleh BPJS Kesehatan melalui pengajuan klaim. Namun tidak semua berkas yang diajukan dikatakan layak oleh BPJS Kesehatan sehingga terjadi pengembalian berkas klaim. Hal ini terjadi di Rumah Sakit Mitra Sehat Situbondo, berkas klaim rawat inap di Rumah Sakit Mitra Sehat Situbondo dikembalikan oleh BPJS Kesehatan. Dampak pengembalian berkas klaim yaitu klaim pending dan penurunan tarif diagnosis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor penyebab pengembalian berkas klaim rawat inap oleh BPJS Kesehatan di RS Mitra Sehat Situbondo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, pengumpulan data melalui wawancara kepada 5 informan. observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab pengembalian berkas klaim disebabkan ketidaklengkapan berkas klaim dan ketidaksesuaian kaidah koding. Ketidaklengkapan dan ketidaksesuaian kaidah koding disebabkan oleh pengetahuan petugas kurang, tidak adanya checklist, ruangan klaim sempit, SOP klaim belum ada, kurangnya scanner dan SDM dan monitoring pelaksanaan klaim belum terlaksana. Saran untuk meminimalisir terjadinya pengembalian berkas klaim adalah diadakannya arahan kepada petugas klaim secara intensif, pemanfaatan ruangan secara maksimal, penyediaan rak berkas, disediakan physician query, penyusunan SOP klaim, penambahan scanner dan SDM serta pelaksanaan rapat rutin Kata Kunci: berkas klaim, pengembalian, ketidaksesuaian, ketidaklengkapan, pohon masalah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan | ||||||
Divisions: | Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Riza Nuraini Octavia | ||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2022 09:10 | ||||||
Last Modified: | 18 Aug 2022 09:11 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15214 |
Actions (login required)
View Item |