Produksi dan Pemasaran Sari Kedelai dengan Penambahan Sari Kacang Hijau

Putri, Tsania Reskiva Amarani (2022) Produksi dan Pemasaran Sari Kedelai dengan Penambahan Sari Kacang Hijau. Diploma thesis, Politeknik negeri jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (68kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
Bab 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (129kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Tugas Akhir Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Susu kacang kedelai (lebih tepatnya adalah sari kedelai) adalah semacam minuman yang dibuat dari kacang kuning. Susu ini juga dikenal sebagai susu kedelai di Indonesia. Kacang hijau adalah salah satu jenis kacang – kacangan yang banyak terdapat di Indonesia dan menjadi makanan selingan atau sebagai minuman. Kandungan gizi kacang hijau dalam 100 gram bahan memiliki energi sebesar 323 kkal, protein sebesar 22,9 gram, lemak 1,5 gram, serat sebesar 7,6 gram, dan isoflavon sebesar 4,3 gram/100 gram (Thampson dkk, 2006: 9). Metode yang digunakan dalam produksi susu kedelai dengan penambahan sari kacang hijau meliputi survei pasar , produksi, pemasaran, dan analisa usaha. Tahap proses produksi yaitu pensortiran, penimbangan, perendaman, penggilingan, penyaringan, pemasakan, pendinginan, pengemasan. Produksi susu kedelai dengan penambahan sari kacang hijau 15 kali produksi menghasilkan 150 kemasan yang dijual dengan harga Rp. 6.500 Per kemasan. Keuntungan yang didapat sebesar Rp. 284.382 dengan laju keuntungan 41,17 % dari hasil penjualan susu kedelai dengan penambahan sari kacang hijau. Usaha tersebut layak untuk dilanjutkan karena mengacu dari B/C Ratio sebesar 1,41 dimana B/C Ratio > 1 maka usaha produksi susu kedelai dengan penambahan sari kacang hijau layak dijalankan. Metode pemasaran yang digunkan yaitu pemasaran langsung dan tidak langsung. pemasaran secara langsung lebih efektif dibandingkan dengan pemasaran tidak langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBakri, AbiNIDN0012126209
Uncontrolled Keywords: Produksi, Pemasaran
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Tsania Reskiva Amarani Putri
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:19
Last Modified: 15 Aug 2022 07:22
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14924

Actions (login required)

View Item View Item