Pengawasan Keamanan Pangan pada Bakso Ayam dengan Uji Boraks dan Formalin secara Kualitatif di UPTD Laboratorium Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo

Wardani, Tika Faradila Wisnu (2021) Pengawasan Keamanan Pangan pada Bakso Ayam dengan Uji Boraks dan Formalin secara Kualitatif di UPTD Laboratorium Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
LAPORAN PKL Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
LAPORAN PKL Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (135kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
LAPORAN PKL Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan PKL Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Produk bakso ayam harus memenuhi ketentuan yang disyaratkan sesuai SNI SNI 01-3818-1995 dan SNI 01-0222-1987 diantaranya harus terbebas dari boraks dan formalin. Terbebas dari boraks dan formalin tersebut harus ditunjukkan dalam lembar hasil uji yang dikeluarkan oleh lembaga resmi dengan laboratorium pemguji yang bersertifikat ISO 17025. Badan yang bergerak dibidang sertifikasi yang menerbitkan surat jaminan lembar hasil uji kelayakan bakso ayam adalah UPTD Laboratorium Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo. Laboratorium yang dibawah Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo ini merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) dari Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo yang mempunyai tugas pokok yaitu menyediakan jasa pelayanan masyarakat dalam pemeriksaan laboratorium untuk pengujian kimia (boraks dan formalin), organoleptik, dan derajat cemaran pada produk hewan (pangan dan non pangan) berdasarkan peraturan perundang-undangan dan peraturan pemerintah yang berlaku. Kegiatan Praktik Kerja Lapang di UPTD Laboratorium Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pangan dan Pertanian bertujuan untuk mengetahui cara pengujian produk hewani pada sampel bakso ayam dengan teknis pengujian Kits-Smart TM Borax Test Kit dan Formaldehyde Test. Prosedur pengujian boraks dan formalin produk bakso ayam dengan teknis pengujian Kits-Smart TM Borax Test Kit dan Formaldehyde Test meliputi penimbangan sampel, pemberian reaksi atau reagen, dan pembacaan hasil. Hasil pengujian produk bakso ayam di UPTD Laboratorium Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo menunjukkan hasil negatif terkontaminasi boraks dan formalin. Hasil boraks dengan menggunakan teknis pengujian Kits-Smart TM Borax Test Kit bereaksi negatif yang ditandai dengan kertas test strip tidak berubah warna atau tetap kuning, sedangkan hasil formalin dengan menggunakan teknis pengujian Pengujian Formaldehyde Test bereaksi negatif yang ditandai dengan cairan sampel tidak berubah warna atau tetap. Proses pengujian boraks dan formalin pada produk bakso ayam di UPTD Laboratorium Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo telah sesuai dengan metode Kits-Smart TM Borax Test Kit dan metode Formaldehyde Test hal ini sudah cukup baik untuk itu perlu dipertahankan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBakri, AbiNIDN0012126209
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 214 - Teknologi Hasil Ternak
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 221 - Sain Veteriner
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > PKL
Depositing User: Tika Faradila Wisnu Wardani
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:28
Last Modified: 15 Aug 2022 01:28
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14778

Actions (login required)

View Item View Item