Pengaruh Penambahan Sari Kacang Hijau Terhadap Kadar Protein dan Sensoris Sari Kedelai

Azizah, Alfi Rohmatul (2022) Pengaruh Penambahan Sari Kacang Hijau Terhadap Kadar Protein dan Sensoris Sari Kedelai. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (324kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (215kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (444kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kedelai merupakan salah satu tanaman hasil pertanian golongan kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein nabati paling tinggi dibandingkan dengan kacang-kacangan lainnya. Sari kedelai adalah salah satu hasil olahan dari ekstraksi atau pengambilan sari kedelai yang kaya akan protein, kalsium, karbohidrat, zat besi, fosfor, vitamin dan juga bebas laktosa dengan kandungan lemak yang rendah, sehingga baik digunakan bagi mereka yang menjalankan diet rendah lemak. Sari kacang hijau berpotensi menjadi minuman yang kaya akan gizi dan bermanfaat bagi tubuh, sehingga penambahan sari kacang hijau dapat digunakan dalam pengolahan sari kedelai untuk menambah inovasi dan memperkaya protein yang ada dalam sari kedelai. Berdasarkan uraian diatas, maka peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh penambahan sari kacang hijau pada pembuatan sari kedelai yang diduga dapat meningkatkan kadar proteinnya. Selain itu diharapkan penambahan sari kacang hijau akan berpengaruh baik terhadap kualitas sensorisnya. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kadar protein, sensoris, dan penilaian masyarakat terhadap sari kedelai dengan penambahan sari kacang hijau. Penambahan sari kacang hijau dapat menurunkan nilai viskositas dan kadar protein dari sari kedelai. Semakin tinggi konsentrasi sari kacang hijau yang ditambahkan maka semakin kecil nilai viskositas dan semakin rendah kadar protein sari kedelai. Panelis menyukai sari kedelai pada perlakuan A0 pada uji sensoris hedonik warna, rasa, aroma dan tekstur. Pada uji sensoris mutu hedonik panelis memilih perlakuan A4 karena memiliki warna cokelat sedikit beraroma kedelai dan sangat kuat beraroma kacang hijau, dan memiliki tekstur kental. Pada parameter rasa panelis memilih perlakuan A0 pada uji mutu hedonik karena memiliki rasa manis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBakri, AbiNIDN0012126209
Uncontrolled Keywords: kacang hijau, sari kedelai, protein, sensoris
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: ALFI ROHMATUL 'AZIZAH
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:59
Last Modified: 11 Aug 2022 08:00
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14636

Actions (login required)

View Item View Item