Analisis Usaha Abon Jamur Tiram Balado Di Desa Rejoslamet Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang

Wilujeng, Ria Fatmita (2022) Analisis Usaha Abon Jamur Tiram Balado Di Desa Rejoslamet Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (247kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (287kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (483kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31190914_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Analisis Usaha Abon Jamur Tiram Balado di Desa Rejoslamet Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang dilaksanakan selama 5 bulan, yaitu dimulai dari Januari sampai dengan mei 2022, bertempat di Desa Rejoslamet. Tujuan penulisan laporan akhir ini untuk mengetahui proses pembuatan abon jamur tiram balado yang baik dan benar serta mampu menganalisis usaha abon jamur tiram balado di DesaRejoslamet Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang dan dapat memasarkan produk abon jamur tiram balado di kabupaten Jombang. Metode yang digunakan yakni, pengumpulan data secara langsung dan pengumpulan data secara tidak langsung. Proses pembuatan dimulai dari persiapan alat dan bahan, pencucian bahan baku, pemasakan, pemberian label dan pengemasan. Analisis kelayakan usaha menggunakan BEP (produksi) dan BEP (harga), R/C Ratio, dan ROI Berdasarkan analisis kelayakan usaha yang telah dilakukan mendapatkan hasil BEP (rupiah) Rp. 223.609,82,- dari total penerimaan Rp. 320.000,- dan nilai BEP (unit) 14,657 dari 20 unit nilai R/C Ratio 1,056 dan niali ROI 2,828% sehingga produk abon jamur tiram balado tersebut menguntungkan dan layak untuk dilanjutkan. Teknik pemasaran abon jamur tiram balado menggunakan saluran pemasaran langsung yaitu, dari produsen ke konsumen dengan cara dititipkan di toko atau atau bisa melalui media sosial. Selain itu juga digunakan saluran pemasaran tidak langsung yaitu, dari produsen ke reseller baru ke konsumen bertujuan agar konsumen yang dijangkau lebih luas. Kata Kunci: Abon, Jamur Tiram, Analisis Usaha

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAnrosana P, Ida AdhaNIDN0012127502
Uncontrolled Keywords: Abon, Jamur Tiram, Analisis Usaha
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ria Fatmita Wilujeng
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:19
Last Modified: 09 Aug 2022 07:20
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14573

Actions (login required)

View Item View Item