Ilahi, Candra Fahrudin (2021) Waktu Tunggu Proses Pendaftaraan Rawat Jalan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit: Literature Review. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (248kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (322kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (380kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Rumah Sakit sebagai institusi pemberi pelayanan kesehatan harus memberikan pelayanan yang bermutu. Hal ini mendorong akan upaya peningkatan mutu dan efisiensi pelayanan di rumah sakit dengan adanya dukungan dari beberapa faktor terkait, salah satunya yaitu penyeleggaran rekam medis. Salah satu penyelenggaraan rekam medis tersebut adalah waktu tunggu pendaftaran rawat jalan. Dari beberapa penelitian menyatakan bahwa waktu tunggu pendaftaran rawat jalan melebihi standar pelayanan minimum yang sudah ada yaitu lebih dari 60 menit. Rata-rata waktu tunggu pendaftaran pasien rawat jalan RSUD Kabupaten Indramayu yaitu 70,18 menit dan terdapat hubungan antara waktu tunggu pendaftaran rawat jalan dengan kepuasan pasien di rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis ada atau tidak nya hubungan antara waktu tunggu pendataran rawat jalan dengan tingkat kepuasan pasien di rumah sakit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review dengan menggunakan artikel yang dipublikasikan tahun 2010-2020 pada 2 database (Google Scholar & Crossref). Hasil penelitian menunjukkan 11 dari 14 penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan antara waktu tunggu pendaftaran rawat jalan dengan kepuasan pasien, secara keseluruhan beberapa faktor yang mempengaruhi terhadap waktu tunggu pendaftaran rawat jalan yaitu kehandalan petugas terkait pelayanan pasien dan juga kedisiplinan dokter dalam ketepatan waktu, sumber daya material (bahan, peralatan, fasilitas), sarana pendukung rekam medis seperti petunjuk keluar (tracer) dan buku catatan peminjaman, serta ketersediaan SOP yang mengatur terkait waktu tunggu pelayanan pasien. Rumah Sakit perlu memperhatikan faktor-faktor tersebut sehingga dapat menjaga mutu pelayanan serta mutu rekam medis rumah sakit.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pasien, Tempat Pendaftaran Rawat Jalan, Waktu Tunggu | ||||||
Subjects: | 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan | ||||||
Divisions: | Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Candra Fahrudin Ilahi | ||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2022 06:59 | ||||||
Last Modified: | 19 Aug 2022 03:00 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13506 |
Actions (login required)
View Item |