Proses Perawatan Dan Perbaikan Alat Pengecatan Spray Gun Sagola Tabung Atas F75 Di Pt. Intidaya Dinamika Sejati Ajung Jember

Kholis, Nur (2022) Proses Perawatan Dan Perbaikan Alat Pengecatan Spray Gun Sagola Tabung Atas F75 Di Pt. Intidaya Dinamika Sejati Ajung Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6MB)
[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
H42171114_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan alat spray gun yang terus menerus dapat menimbulkan kerusakan pada alat pengecatan itu sendiri dan akan mengakibatkan berhentinya proses tahap akhir atau disebut tahap finishing yang diakibatkan oleh lamanya pemakain alat spray gun serta alat spray gun yang sudah rusak, salah satunya adalah pada bagian jarum fluida. jika terjadi masalah pada jarum fluida yang tersumbat maka proses pengecatan pada benda kerja tidak bagus di karena penyemprotan campuran thinner dan cat tidak optimal dan akan terhambat dalam hal finishing. Metode perawatan yang dilakukan oleh PT Intidaya Dinamika Sejati yaitu kosongkan tabung yang berisi cat setelah penggunaan kemudian bersihkan menggunakan thiner dan lap kain setelah itu keluarkan thiner yang ada pada tabung spray gun lewat nozzle dengan menekan trigger, kemudian bersihkan nozzle menggunakan sikat halus kemudian bersihkan air cup dengan cara disikat halus menggunakan thiner lalu seluruh bagian luar spray gun dibersihkan yang terkena cat menggunakan thiner. Spray gun sagola tabung atas F75 merupakan salah satu alat yang digunakan dalam proses pengecatan di PT Intidaya Dinamika Sejati yang berfungsi sebagai tahap akhir dalam memberi warna suatu komponen yang ada di pabrik, contohnya seperti pompa vacuum, tabung vacuum, berbagai kerangka, blower. Untuk perawatan dan perbaikan sebagai berikut : 1. Perawatan spray gun sagola tabung atas F75 yaitu dengan cara kosongkan tabung yang berisi cat setelah penggunaan kemudian bersihkan menggunakan thiner dan kain lap setelah itu keluarkan thiner yang ada pada tabung spray gun lewat nozzle dengan menekan trigger, kemudian bersihkan nozzle vi menggunakan sikat halus kemudian bersihkan air cup dengan cara disikat halus menggunakan thiner lalu seluruh bagian luar spray gun dibersihkan yang terkena cat menggunakan thiner. 2. Perbaikan spray gun sagola tabung atas F75 atau tipe umpan berat di PT Intidaya Dinamika Sejati biasanya terkendala pada saat benda kerja yang luas sehingga alat spray gun yang digunakan dalam jangka waktu lama dalam hal performa menurun dan terjadi trouble dibagian jarum fluida karena terjadi penyumbatan. Untuk perbaikan spray gun sagola tabung atas F75 di PT Intidaya Dinamika Sejati dengan cara menyemprotkan bensin (pertalite) dibagian jarum selanjutnya handle ditarik agar bensin masuk di rumah jarum.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBudiprasojo, AzamataufiqNIDN0011088402
Uncontrolled Keywords: Proses Perawatan Dan Perbaikan Alat Pengecatan Spray Gun Sagola Tabung Atas F75
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Nur Kholis
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:46
Last Modified: 28 Jun 2022 03:48
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/12947

Actions (login required)

View Item View Item