Evaluasi Kepuasan Pengguna HMIS Pada Petugas Pelaporan Menggunakan Metode EUCS di RSUP Dr. Kariadi Semarang

Astuti, Teti (2021) Evaluasi Kepuasan Pengguna HMIS Pada Petugas Pelaporan Menggunakan Metode EUCS di RSUP Dr. Kariadi Semarang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (138kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (218kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan PKL Individu_TETI ASTUTI_G41202120.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

RSUP. Dr. Kariadi telah menerapkan pelayanan dengan menggunakan teknologi, pada awal rumah sakit menerapkan sistem terintegrasi seluruh pelayanan rumah sakit menggunakan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRUS) pada tahun 2000, kemudian pada tahun 2010 sistem dikembangkan dan disempurnakan dengan nama Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS), hingga pada tahun 2014 sistem kembali disempurnakan dan berganti nama menjadi Health Management Information System (HMIS) dimana pada tahun 2019 dimulai sistem baru RME yang dimasukkan kedalam sistem HMIS. Keberhasilan penggunaan HMIS sebagai sistem yang dikembangkan dan terintegrasi tidak terlepas dari peranan pengguna (user) sebagai penginput data dalam sistem informasi tersebut. (Mardiyoko & Hartini, 2018). Sebagai sistem yang dikembangkan perlu pengawasan sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing yaitu dengan melakukan pemantauan dan evaluasi. pihak rumah sakit sudah melakukan evaluasi penggunaan HMIS namun pada kegiatan pelaporan masih banyak yang tidak terfasilitasi oleh sistem seperti penyediaan format masih belum lengkap sehingga data harus diolah terlebih dahulu di microsoft excel dan menggunakan pivot. Sehingga untuk menilai keberhasilan atau tingkat keefektivitasannya maka perlu dilakukan evaluasi sistem. Tujuan penelitian ini adalah Mengevaluasi kepuasan petugas pelaporan dalam penggunaan HMIS menggunakan metode EUCS. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan wawancara kepada narasumber berjumlah 2 orang petugas pelaporan. Hasil dari penelitian ini yaitu Kepuasan petugas Kepuasan petugas pelaporan dalam penggunaan HMIS ditinjau dari dimensi Content (isi). Terdapat informasi dalam sistem yang belum lengkap, Kepuasan petugas pelaporan dalam penggunaan HMIS ditinjau dari dimensi Accuracy (keakuratan). Belum vii 100% akurat, Kepuasan petugas pelaporan dalam penggunaan HMIS ditinjau dari dimensi Format (tampilan). Tampilan sistem menarik, jelas dan mudah dimengerti, Kepuasan petugas pelaporan dalam penggunaan HMIS ditinjau dari dimensi Timeliness (ketepatan waktu). Kegiatan pelaporan tepat waktu dan up to date namun masih ada data yang kurang, Kepuasan petugas pelaporan dalam penggunaan HMIS ditinjau dari dimensi Ease Of Use (kemudahan pengguna). Sistem mudah digunakan namun terdapat kekurangan yaitu tidak ada menu panduan dan menu help. Sehingga dengan kekurangan yang ditemukan diharapkan agar evaluasi dilakukan oleh kepala rekam medis untuk melihat tingkat efektivitas penggunaan HMIS, dan diharapkan adanya perbaikan yang dilakukan oleh pihak IT terkait kendala pengguna sistem.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Landscape architectMuna, NiyalatulNIDN0006129002
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Teti Astuti
Date Deposited: 24 May 2022 00:30
Last Modified: 24 May 2022 00:32
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/12267

Actions (login required)

View Item View Item