Evaluasi SIMRS Pada Unit Rawat Jalan Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptaince Model (TAM) Di Rumkital Dr. Ramelan Surabaya Tahun 2022

Anaam, Ahmad Mustafi'ul (2020) Evaluasi SIMRS Pada Unit Rawat Jalan Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptaince Model (TAM) Di Rumkital Dr. Ramelan Surabaya Tahun 2022. [Experiment] (Unpublished)

This is the latest version of this item.

[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (126kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (122kB)
[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (111kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
PKL FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggaran pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna (promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif) yang menyediakan pelayanan rawat jalan, rawat inap, dan gawat daruarat yang berperan penting untuk meningkatkan derajat kesehatan (Depkes RI, 2009). Sistem Informasi Manajemen Kesehatan (SIMRS) adalah suatu sistem teknologi informasi komunikasi yang memperoses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan rumah sakit dalam bentuk jaringan koordinasi , pelaporan dan proses durasi administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat dan akurat. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif yang merupakan bagian dari jenis penelitian observasional, yang dilakukan melalui pengamatan (observasi) baik secara langsung maupun tidak langsung tanpa ada perlakuan atau intervensi. Data yang dikumpulkan oleh peneliti berupa data primer yang diperoleh dari hasil pengumpulan data Kuisioner. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif dengan menggunakan metode TAM (Technology Acceptance Model) yang diperkenalkan oleh Davis pada tahun 1989 yang bertujuan untuk menjelaskan dan memperkirakan penerimaan penggunaan terhadap suatu sistem informasi. Subjek dilakukan kepada petugas SIMRS di bagian pelaporan. Objek penelitian adalah SIMRS. Rumkital Dr. Ramelan menerapkan SIMRS dari tahun 2014 dan baru dilakukan pembaruan sistem, selama dalam penerapannya belum pernah dilakukan evaluasi terhadap pengguna SIMRS khususnya pada unit rawat jalan. Petugas terkadang menemukan kendala dalam pemakaian SIMRS yang baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi SIMRS pada unit rawat jalan di RUMKITAL Dr. Ramelan Surabaya. Penelitian ini menggunakan menggunakan Metode TAM (Technology Acceptaince Model) dengan variabel-variabel yaitu manfaat (perceived usefulnes), kemudahan (perceived ease of use), sikap pengguna (attitude toward using) Penelitian ini juga menggunakan kusioner dengan uji validasi dan reabilitas instrument. Hasil dari penelitian ini yaitu tingkat penerimaan SIMRS terhadap petugas bagian rawat jalan di Rumkital Dr. Ramelan Surabaya. Hal tersebut bisa digunakan sebagai bahan evaluasi pelaksanaan SIMRS untuk menyusun perencanaan lebih lanjut terhadap penggunaan SIMRS di bagian rawat jalan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuflihatin, IndahNIDN0728038301
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, SIMRS, TAM (Technology Acceptaince Model)
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Ahmad Mustafi'Ul Anaam
Date Deposited: 29 Mar 2022 07:44
Last Modified: 29 Mar 2022 07:44
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/11838

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item