Teknik Penanganan Pasca Panen Benih Kacang Tanah (Arachis Hypogea l.) Di Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang Dan Umbi (Balitkabi)

Anggraini, Diana Ayu (2019) Teknik Penanganan Pasca Panen Benih Kacang Tanah (Arachis Hypogea l.) Di Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang Dan Umbi (Balitkabi). Other. Politeknik Negeri Jember. (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
05. A41160080 RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Bab1. Pendahuluan)
10. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (96kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (165kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
A41160080_ LAPORAN LENGKAP1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Teknik Penanganan Pasca Panen Benih Kacang Tanah (Arachis hypogea L.) Di Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (BALITKABI), Diana Ayu Anggraini, NIM A41160080, Tahun 2019, 61 hlm, Teknik Produksi Benih, Produksi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Dr.Ir. Nurul Sjamsijah, MP. (Dosen Pembimbing), Didik Sucahyono, SP, MP. (Pembimbing Lapang). Rendahnya produktivitas kacang tanah di Indonesia belum mampu memenuhi kebutuhan nasional yang terus meningkat. Di samping itu produksi kacang tanah tidak banyak berkembang dan budidaya yang baku belum tersedia untuk setiap sentra produksi. Salah satu strategi upaya untuk meningkatkan produksi kacang tanah yaitu dengan menumbuhkan usaha perbenihan kacang tanah di sentra produksi agar tersedia benih bermutu dengan pengolahan pasca panen yang tepat. Tujuan kegiatan Praktek Kerja Lapang ini adalah melatih mahasiswa untuk mandiri dan terampil dalam melakukan serangkaian kegiatan di lapang, memberi pengetahuan dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan kegiatan di lapang. Selain itu mahasiswa dapat mengetahui dan mempelajari kegiatan produksi benih dari tanam sampai siap distribusi serta proses pengolahan pasca panen kacang tanah. PKL ini dilaksanakan selama 6 bulan dimulai tanggal 8 Juli 2019 sampai 20 Desember 2019. BALITKABI merupakan balai penelitian yang terfokus pada komoditas kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi jalar, dan ubi kayu serta kacang dan umbi potensial. Proses paroduksi yang dilakukan mulai dari pengolahan lahan, pengolahan hasil panen, sampai distribusi. Pengolahan pasca panen merupakan kegiatan penanganan hasil tanaman pertanian segera setelah panen. Penanganan pasca panen kacang tanah yang tepat akan menentukan kualits dan hasil panen yang optimal. Proses pengolahan pasca panen kacang tanah meliputi perontokan, pengeringan, sortasi, pengemasan, penyimpanan dan proses sertifikasi. Sertifikasi benih kacang tanah meliputi pengambilan sampel, uji kadar air, uji kemurnian, dan uji daya kecambah.

Item Type: Monograph (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSjamsijah, NurulNIDN0007036002
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 166 - Teknologi Pasca Panen
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Benih > PKL
Depositing User: Abd. Rahman
Date Deposited: 09 Feb 2022 07:51
Last Modified: 10 Feb 2022 07:10
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/10584

Actions (login required)

View Item View Item