Analisis Usaha Carang Mas Dari Buah Apel (Caramel) Di Desa Curahdami Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso

Kurniawan, Dimas (2021) Analisis Usaha Carang Mas Dari Buah Apel (Caramel) Di Desa Curahdami Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31180550_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan tugas akhir ini bertujuan dapat melaksanakan proses produksi, menganalisis usaha dengan menggunakan metode analisis Break Even Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Ratio), serta Return Of Insvesment (ROI), dan dapat melakukan pemasaran carang mas apel (Caramel). Pelaksanaan tugas akhir ini dilakukan di Desa Curahdami Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso selama bulan Maret 2021 sampai dengan bulan Juli 2021. Metode pengumpulan data menggunakan metode secara langsung dan tidak langsung dari proses produksi sampai dengan proses pemasaran. Dalam tugas akhir ini proses produksi dilakukan sebanyak 5 kali, dalam satu hari dengan proses bertahap dengan dilakukan pagi sebanyak 7kg membutukan waktu 4 jam dan dilanjutkan saat malam hari sebanyak 3kg membutuhkan 2 jam untuk memproduksi menghasilkan 30 kemasan. Hasil analisis BEP (produksi) menghasilkan 25,78 kemasan, BEP (harga) Rp. 10.312,52,,-/kemasan dengan harga jual Rp. 12.000,-/kemasan, R/C Ratio 1,16 dan ROI 9,64%. Berdasarkan analisis diatas, maka dapat disimpulkan bahwa usaha carang mas apel (Caramel) menguntungkan dan layak diusahakan. Pemasaran carang mas apel (Caramel) menggunakan bauran pemasaran 4P (product, price, place, promotion). Produk dari tugas akhir ini adalah carang mas apel (Caramel), dengan berat 180 gram perkemasan yang dijual seharga Rp.12.000. Produk dipasarkan di Kabupaten Bondowoso dan Jember, proses pemasaran dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Kegiatan promosi dilakukan dengan cara mengiklankan produk melalui media sosial, seperti Instagram (IG) dan Whatsapp (WA). Kata Kunci : Analisis Usaha,Carang Mas Buah Apel, Pemasaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSubagiyo, AmarNIDN0024116002
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha,Carang Mas Buah Apel, Pemasaran
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis (Bondowoso) > Tugas Akhir
Depositing User: DIMAS KURNIAWAN
Date Deposited: 26 Sep 2021 21:57
Last Modified: 26 Sep 2021 21:58
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/6831

Actions (login required)

View Item View Item