Penerapan Perhitungan Engagement Rate Dalam Social Media Marketing Berbasis Instagram Sebagai Strategi Pemasaran Bisnis Pada Umkm Laporan Akhir

Nuryanto, Ishaq Husainy (2021) Penerapan Perhitungan Engagement Rate Dalam Social Media Marketing Berbasis Instagram Sebagai Strategi Pemasaran Bisnis Pada Umkm Laporan Akhir. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
E31180742_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan Perhitungan Engagement Rate dalam Social Media Marketing Berbasis Instagram sebagai Strategi Pemasaran Bisnis pada UMKM, Ishaq Husainy Nuryanto, Nim E31180742, Tahun 2021, 77 hlm, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Hermawan Arief Putranto, ST, MT (Dosen Pembimbing I). Keberadaan media sosial kini terus merambah kehidupan manusia. Dalam perkembangannya media sosial bisa dimanfaatkan untuk beragam kepentingan, mulai menjalin pertemanan, kampanye program tertentu (pendidikan, sosial, agama, lingkungan, kesehatan, dan sebagainya), sampai promosi dan pemasaran produk atau jasa tertentu (Suryani, 2015). Salah satu media sosial yang populer dalam mengunggah gambar maupun video saat ini adalah Instagram. Namun dalam beberapa kasus masih banyak pengguna yang belum memahami algoritma Instagram sehingga tidak dapat memaksimalkan fitur fitur yang tersedia dengan baik guna membantu dalam mempromosikan atau melakukan branding terhadap suatu produk ataupun jasa. Berdasarkan penjabaran diatas maka diangkatlah judul “Penerapan Perhitungan Engagement Rate dalam Social Media Marketing Berbasis Instagram sebagai Strategi Pemasaran Bisnis pada UMKM” yang menggunakan metode Web Scraping API Instagram untuk pengambilan data akun Instagram yang kemudian diolah berdasarkan rumus perhitungan matriks Engagement Instragram dimana akan ditampilkan hasil dari analisis Engagement Rate pada tiap postingan terbaru suatu akun Instagram dan pemanfaatan teknik Web Scraping dengan library simple html dom untuk memperoleh dan memilah data hastag yang nantinya digunakan untuk fitur pencarian Trend Hastag sesuai dengan keyword yang dicari sehingga membantu dan memudahkan pengguna Instagram dalam memaksimalkan postingan akun Instagram serta menu tips materi untuk online marketing yang dapat digunakan oleh pengguna umum sebagai bahan untuk menambah wawasan dalam berbisnis online. Aplikasi berbasis website ini dapat diakses darimana kapan saja dengan mudah menggunakan koneksi internet. Setelah melalui tahapan pengujian aplikasi berhasil berjalan sesuai dengan yang diinginkan dan telah diujikan pula ix pada user secara langgsung dengan pengujian User Acceptances Test dan dihitung rata-rata persentase dengan skala likert kemudian didapatkan hasil pengujian sistem yang diberikan sebesar 90,75%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPutranto, Hermawan AriefNIDN0009018304
Uncontrolled Keywords: Penerapan Perhitungan Engagement Rate Dalam Social Media Marketing Berbasis Instagram Sebagai Strategi Pemasaran Bisnis Pada Umkm
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Ishaq Husainy Nuryanto
Date Deposited: 27 Jul 2021 06:06
Last Modified: 27 Jul 2021 06:07
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/5642

Actions (login required)

View Item View Item