Kegiatan Sebagai Petugas Informasi Di Layanan Informasi Taman Pintar Yogyakarta

Humairoh, Kharisma Putri (2025) Kegiatan Sebagai Petugas Informasi Di Layanan Informasi Taman Pintar Yogyakarta. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (128kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (214kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (134kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN MAGANG LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Politeknik Negeri Jember merupakan perguruan tinggi vokasi yang melatih mahasiswanya dengan tingkat keahlian, keterampilan, serta standar kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja. Sistem pembelajaran yang dilakukan di Politeknik Negeri Jember yakni kegiatan teori dan praktik. Dengan persentase 40% untuk kegiatan teori dan 60% untuk kegiatan praktik. Untuk meningkatkan mutu kompetensi mahasiswa, Politeknik Negeri Jember mengadakan program magang yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa semester 5 Diploma 3 dan semester 7 untuk Sarjana Terapan dengan durasi 900 jam atau setara enam bulan. Salah satunya adalah Jurusan Bahasa, Komunikasi, dan Pariwisata dengan Program Studi D3 Bahasa Inggris. Penulis memilih Taman Pintar Yogyakarta sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan magang. Penulis ditugaskan di kepemanduan, perpustakaan, dan layanan informasi. Dengan sistem tiga bulan di kepemanduan, dan per-satu bulan di perpustakaan, dan di layanan informasi. Setelah ditempatkan di tiga zona yang berbeda, penulis menemukan salah satu zona yang menarik, yaitu layanan informasi. Di layanan informasi, penulis mendapatkan pembelajaran dan pengalaman baru dalam menerapkan hospitality, professional communication, dalam dunia kerja yang telah sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure) yang ditetapkan, serta mempelajari bagaimana cara suatu layanan informasi di destinasi pariwisata memberikan pelayanan yang maksimal. Selama pelaksanaan magang, penulis memperoleh berbagai pengetahuan dan wawasan baru, seperti mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan, berkonsultasi dalam mencari solusi, hingga mencapai penyelesaian yang tepat. Pengalaman ini memberikan pemahaman kepada penulis mengenai cara yang efektif dalam menghadapi tantangan di dunia kerja di masa depan. Penulis berharap agar mahasiswa yang akan melaksanakan magang, khususnya di Taman Pintar Yogyakarta, dapat mengembangkan inisiatif dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Selain itu, mahasiswa juga perlu meningkatkan keterampilan komunikasi di depan publik, mengingat kemampuan berkomunikasi yang baik sangat penting ketika memasuki dunia kerja

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIndrastana, Nodistya SeptianNIDN0722098802
Uncontrolled Keywords: Taman Pintar Yogyakarta, Petugas Informasi,Layanan Informasi
Subjects: 620 - Rumpun Ilmu Humaniora > 699 - Kepariwisataan
Divisions: Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D3 Bahasa Inggris > PKL
Depositing User: Kharisma Putri Humairoh
Date Deposited: 20 Aug 2025 01:33
Last Modified: 20 Aug 2025 01:33
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/46238

Actions (login required)

View Item View Item