Produksi dan Pemasaran Keripik Pepaya

Noviyanti, Rizky Fitri (2025) Produksi dan Pemasaran Keripik Pepaya. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (135kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (146kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (140kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Produksi dan Pemasaran Keripik Pepaya, Rizky Fitri Noviyanti NIM B32222632, Tahun 2025, 85 halaman, Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Drs. Syaiful Bachri, M.M (Dosen Pembimbing). Keripik pepaya merupakan produk berbahan dasar buah pepaya muda yang diolah menjadi keripik dengan bentuk seperti usus. Dalam Proyek Usaha Mandiri (PUM) ini bertujuan untuk mengembangkan buah pepaya muda menjadi makanan ringan (camilan) yang memiliki rasa, aroma, dan bentuk yang khas, diharapkan produk Keripik pepaya ini mampu bersaing dengan produk baru lainnya yang saat ini beredar di pasaran. Produksi keripik pepaya ini masih terbilang mudah dan sederhana untuk dilakukan oleh Usaha Kecil Menengah (UKM). Oleh karena itu produk keripik pepaya dinilai dapat menjadi prospek pasar dan cocok untuk digunakan sebagai Proyek Usaha Mandiri (PUM) yang saya jalankan. Proyek Usaha Mandiri (PUM) ini memiliki tujuan diantaranya untuk mengetahui proses produksi keripik pepaya, mengetahui analisa kelayakan usaha, serta mengetahui pemasaran yang baik untuk memasarkan produk tersebut. Proses produksi Proyek Usaha Mandiri (PUM) dilaksanakan di Laboratorium Pengolahan Pangan Politeknik Negeri Jember. Pelaksanaan kegiatan dimulai pada bulan Februari – April 2024. Produksi produk keripik pepaya dilakukan sebanyak 10 kali produksi sehingga menghasilkan 150 kemasan. Pada analisa biaya realisasi usaha yaitu, biaya tetap Rp. 44.613, biaya tidak tetap Rp. Rp. 834.910, total pendapatan Rp. 1.350.000, keuntungan Rp. 470.447, laju keuntungan 53,49% dan R/C Ratio 1,53. Pemasaran produk keripik pepaya dilakukan baik secara langsung (offline) yaitu secara tatap muka dan tidak langsung (online) yaitu mengunggah pamflet menarik melalui Whatsapp dan Instagram (@kripsus_papay).

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBachri, SyaifulNIDN0025096905
Uncontrolled Keywords: Produksi, Pemasaran, Keripik, Proyek Usaha Mandiri
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 162 - Teknologi Hasil Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Rizky Fitri Noviyanti
Date Deposited: 13 Aug 2025 01:27
Last Modified: 13 Aug 2025 01:27
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/45868

Actions (login required)

View Item View Item