Produksi Dan Pemasaran Stik Ubi Jalar Ungu

Caturangga, Reza Septian (2025) Produksi Dan Pemasaran Stik Ubi Jalar Ungu. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (287kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (12kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (401kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Produksi dan Pemasaran Stik Ubi Jalar Ungu, Reza Septian Caturangga NIM. B32222634. Tahun 2025, 61 halaman, Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Mokhammad Fatoni K, S.TP.,M.P (Dosen Pembimbing) Stik ubi jalar ungu merupakan variasi dalam bidang pangan yang terbuat dari bahan utama tepung terigu dengan tambahan ubi jalar ungu, tepung tapioka, gula halus, margarin, garam, vanili. Dengan berbagai formulasi bahan cair yakni dari santan. Stik ubi jalar ungu yang memiliki rasa dominan manis yang sangat merakyat sehingga cocok sebagai salah satu makanan ringan yang dinikmati bersama oleh keluarga. Selain itu juga olahan makanan ringan ini dapat memberikan peluang usaha stik ubi ungu yang dapat mendatangkan keuntungan karena memiliki potensi besar dalam lingkup pasar. Proyek Usaha Mandiri (PUM) ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses produksi stik ubi jalar ungu, mengetahui analisa kelayakan usaha, dan strategi pemasaran yang baik dalam memeasarkan produk. proses produksi ini dilakukan di Laboratorium Pengolahan Pangan, Gedung Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember. Kegiatan dimulai dari bulan Februari – Mei 2025. Produksi stik ubi jalar ungu dilakukan sebanyak 10 kali produksi dimana setiap produksi menghasilkan 11 kemasan dan total keseluruhan 110 kemasan. Pada analisa biaya dengan realisasi didapatkan biaya tetap Rp. 27.072, biaya tidak tetap Rp. 616.070, dengan total biaya produksi Rp. 643.142, total pendapatan Rp. 880.000, keuntungan Rp. 236.858, laju keuntungan 36%, da R/C Ratio 1,3. Pemasaran yang dilakukan yakni dilakukan secara langsung (offline) yang dilakukan secara tatap muka kepada konsumen dan juga secara tidak langsung (online) yang dilakukan menggunakan promosi lewat sosial media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKurnianto, Mokhammad FatoniNIDN0001057503
Uncontrolled Keywords: Produksi, Stik Ubi Ungu, Analisa Kelayakan Usaha
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 162 - Teknologi Hasil Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Reza Septian Caturangga
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:10
Last Modified: 25 Jul 2025 03:11
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/44620

Actions (login required)

View Item View Item