Analisis Usaha Sambal Ikan Tongkol Di Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo

Sambonu, Nicolaus Indra (2025) Analisis Usaha Sambal Ikan Tongkol Di Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (185kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (187kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (281kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sambal ikan tongkol merupakan olahan sambal menggunakan ikan tongkol sebagai bahan dasar. Penambahan ikan tongkol menciptakan rasa yang berbeda dari sambal pada biasanya yang hanya menggunakan cabai, dan bumbu lainnya. Tujuan dari penulisan laporan tugas akhir ini adalah untuk melakukan proses produksi, melakukan analisis usaha, dan juga melakukan pemasaran sambal ikan tongkol. Pelaksanaan tugas akhir dilaksanakan di Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo mulai dari 2 Agustus 2024 sampai dengan 10 Februari 2025. Data primer dikumpulkan dengan cara melakukan pencatatan langsung bahan-bahan serta alat yang digunakan dan semua biaya yang dikeluarkan serta penerimaan selama proses produksi berlangsung. Data sekunder dikumpulkan dari berbagai literatur, berupa informasi-informasi dari jurnal online, browsing internet, artikel dan laporan instansi yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas akhir. Metode analisis usaha yang digunakan yaitu BEP, R/C Ratio, dan ROI. Metode pemasaran yang digunakan dalam memasarkan produk sambal ikan tongkol menggunakan saluran pemasaran langsung. Hasil analisis diperoleh BEP (produksi) sebesar 13 dengan total produksi sebesar 15 kemasan, BEP (harga) Rp 13.018/kemasan dengan harga jual Rp 15.000/kemasan, R/C Ratio lebih dari 1 yaitu sebesar 1,15 dan ROI lebih dari 0% yaitu 3,22%. Pemasaran yang digunakan yaitu saluran pemasaran secara langsung dimana pemasaran dilakukan dengan menjual produk langsung ke konsumen tanpa melalui perantara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPristiwaningsih, Estin RosoNRPD199610272021032
Uncontrolled Keywords: Analisis usaha ikan tongkol
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 230 - Ilmu Perikanan > 232 - Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 230 - Ilmu Perikanan > 234 - Pengolahan Hasil Perikanan
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Nicolaus Indra Sambonu
Date Deposited: 16 Jul 2025 07:27
Last Modified: 16 Jul 2025 07:28
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/43944

Actions (login required)

View Item View Item